Mau Tau Keaslian e-Meterai? Begini Cara Validasinya

bacaan 2 Menit
cara mengecek keaslian e-meterai
Dokumen Istimewa

Pemerintah secara resmi memberlakukan meterai elektronik (e-meterai) pada bulan Oktober 2021. Ketentuan tersebut diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134 Tahun 2021. Meterai Elektronik (e-Meterai) adalah meterai yang penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui sistem yang telah tersedia. Meskipun telah dilakukan secara elektronik, pengguna tetap perlu memastikan keabsahan maupun keaslian dari e-Meterai. Lalu, bagaimanakah cara melakukan validasi e-Meterai? Simak penjelasan berikut ini.

Sebelum mengetahu cara validasi e-Meterai, perlu diketahui bahwa e-Meterai telah dilengkapi berbagai fitur keamanan. Pertama, fitur Overt, yang artinya ciri-ciri khusus e-Meterai dapat dilihat secara kasat mata. Ciri e-Meterai adalah memiliki lambang Garuda, terdapat tulisan “METERAI ELEKTRONIK”, terdapat angka 10000 dan tulisan ‘”SEPULUH RIBU RUPIAH”, dan kode unik khusus atau QR Code. Fitur kedua adalah fitur Covert. Fitur tersebut hanya dapat dilihat menggunakan scanner maupun aplikasi khusus. Dalam e-Meterai, terdapat Peruri Seal yang hanya dapat dibaca dengan aplikasi khusus dari Peruri, yaitu Peruri Scanner. Selain itu, Peruri Seal juga dapat dikenali dengan melalui fitur Signature Panel pada aplikasi PDF Reader. Fitur ketiga yaitu fitur Forensic, yang artinya e-Meterai dapat diperiksa langsung menggunakan teknologi khusus oleh Peruri.

Cara Validasi e-Meterai

Terdapat beberapa cara untuk memvalidasi atau mengecek keaslian dari e-Meterai. Pertama, melalui fitur Signature Panel pada aplikasi PDF Reader. Fitur Signature Panel akan secara otomatis menampilkan hasil validasi meterai elektronik seperti pada gambar berikut ini.

cara validasi e meterai verifikasi

Cara selanjutnya adalah menggunakan Peruri Scanner. Hasil pemindaian akan menunjukkan kode khusus. Kode khusus yang muncul dapat disandingkan dengan kode yang ada menu Signature Panel aplikasi PDF Reader.

scanner peruri peruri seal e meterai

Selain itu, verifikasi juga dapat dilakukan dengan cara mengunggah file PDF melalui situs resmi Peruri pada laman berikut ini.

Categories: Tax Learning

Artikel Terkait