Universitas Indonesia Sapu Bersih di Kompetisi Pajak Nasional – Universitas Padjajaran

bacaan 3 Menit

unpaddBandung, Pada ajang kompetisi pajak Nasional dan Seminar Nasional yang bertema “Youth Generation and Their Contribution for Better Taxation” yang dilaksanakan oleh jurusan D3 Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran Bandung pada tanggal 8 Oktober 2014, Tim Olimpiade Pajak Vokasi Universitas Indonesia berhasil sapu bersih.

Kegiatan yang diselenggarakan di daerah Dipati Ukur bertempat di gedung serbaguna lantai 4 Universitas Padjajaran diberi nama “Tax Competition and Talkshow (Taxcomtalk 2014). Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi 1 babak penyisihan cerdas cermat, sesi 2 seminar nasional dan sesi 3 final cerdas cermat.

Seminar Nasional kali ini bertema “Strategi Perpajakan dalam Menghadapi Peluang dan Tantangan ASEAN Economic Community 2015 dengan pembicara Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying Bapak Andi Setiawan, SE, MSi dan Bapak Dr. Widi Widodo, MSi. Dalam menjelaskan materinya, Bapak Andi menjelaskan tentang pertumbuhan ekonomi negara ASEAN yang setiap tahun selalu meningkat, ragam tarif pajak ASEAN yang berbeda-beda antar negara. JIka suatu negara memiliki tingkat tax ratio rendah, strategi yang harus diterapkan adalah meningkatkan penerimaan negara dengan meningkatkan tarif pajak dan memperluas basis pajak. Sedangkan jika tingkat tax ratio tinggi, strategi yang harus dilaksanakan adalah meningkatkan iklim investasi, menurunkan tarif dan menambah tax exemption.

Kompetisi Pajak Nasional tahun ini berbeda dengan konsep pada tahun sebelumnya, konsep tahun ini adalah berformat individu, dimana masing-masing peserta diharuskan mengirimkan essay tertulis yang bertema tentang “Kontribusi Pajak untuk Pembangunan Negeri” sampai tengat waktu yang ditentukan oleh panitia.

Grand final kompetisi ini diikuti oleh 17 (tujuh belas) peserta dari Universitas di seluruh Indonesia. Pada babak penyisihan akan menyisakan 5 (lima) peserta yang akan masuk ke babak final, yaitu 4 (empat) peserta dari Universitas Indonesia dan 1 (satu) peserta dari Politeknik Ubaya. Pada babak final ini Herwikson Sitorus dari Progam Vokasi Universitas Indonesia meraih nilai tertinggi dan berhak gelar Juara 1, Mochamad Hafiz Arrohman juga dari Vokasi UI meraih peringkat 2 dan Griselda Mariana Malau berhak peringkat 3 juga dari Vokasi UI.

Gallery Foto

 

fotoui1

 

fotoui2
 
 
fotoui3
 
fotoui4
 
fotoui5
 
fotoui6

 

Categories: Tax Event

Artikel Terkait