Lapor Pajak Online Semakin Mudah Melalui Teknologi Pre-Populated

bacaan 2 Menit
PPh OP dSekarang lapor SPT Tahunan Orang Pribadi secara online melalui efiling semakin mudah. Data sudah secara otomatis terisi di formulir SPT. Wajib Pajak cukup meneliti kembali kebenarannya. Ketika Wajib Pajak telah login ke DJP Online di situs https://efiling.pajak.go.id dan membuat Surat Pemberitahunan (SPT), maka akan menemukan pop up dengan kotak dialog sebagai berikut:
 
 
Lapor pjk online_1a
 
 
Wajib Pajak selanjutnya diberikan pilihan untuk menggunakan data yang disediakan atau tidak. Data yang dimaksud meliputi: penghasilan bruto sehubungan pekerjaan, Penghasilan Netto Dalam Negeri Lainnya, Pengurang, PTKP, Jumlah PPh yang telah dipotong, dan Jumlah Penghasilan yang telah dikenakan PPh Pasal 21 Final. Apabila Wajib Pajak menggunakan data tersebut maka Wajib Pajak cukup dengan menambah penghasilan lain (jika ada), harta, utang, dan anggota keluarga.

Fasilitas ini dapat digunakan Wajib Pajak bila Pemotong PPh Pasal 21-nya telah menggunakan eSPT PPh Pasal 21 minimal versi 2.3 dalam pelaporan PPh Pasal 21.

 
Lapor pjk online_2.jpg
 
 
Fitur pemenuhan data  prepopulated 1721-A1 dan 1721-A2 mendukung adanya integrasi SPT PPh Pasal 21 dengan SPT PPh Orang Pribadi (OP). The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) Center of Tax Policy & Administration Report menyebut bahwa "pre-populated return", yaitu penginputan data dari pihak ketiga atau pihak lainnya dapat dijadikan salah satu sarana Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) dalam mengurangi cost administration Wajib Pajak. Kebijakan pre-populated return dapat meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak karena dalam pengisian SPT OP nya menjadi lebih mudah. 
Categories: Tax Alert

Artikel Terkait