Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara Terima Gelar Profesor Kehormatan di Unissula

bacaan 2 Menit

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) memberi gelar Profesor kehormatan kepada Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara, Dr. Edi Slamet Irianto, S.H., M.Si.

Edi Slamet Irianto memperoleh gelar Profesor Kehormatan dalam bidang ilmu hukum administrasi negara. Penyerahan Surat Keputusan Rektor dilakukan di Fakultas Hukum Unissula pada Jumat, 27 Mei 2022.

”Pemberian gelar profesor yang dilakukan Unissula, mendapat mandat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Perguruan tinggi, baik negeri atau swasta, yang akreditasinya A atau Unggul dan Program Studi juga A atau Unggul diberi mandat memberi gelar profesor kehormatan bagi non dosen,” jelas Rektor Unissula, Prof. Dr. Gunarto, S.H., M.Hum.

Menurut Rektor Unissula, gelar tersebut diberikan setelah melalui proses penilaian oleh senat universitas. ”Yang bersangkutan memiliki keahlian dengan prestasi luar biasa dengan ilmu dan pengalamannya menghasilkan praktik yang berguna dan berkorelasi dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya,” jelasnya.

Dalam pidatonya, Edi Slamet Irianto menjelaskan bahwa momen ini bukan hanya sebagai bentuk penghargaan, melainkan bentuk tanggung jawab bagi dirinya untuk terus berkontribusi terhadap dunia hukum pajak Indonesia.

“Pemberian profesor kehormatan bidang ilmu Hukum (Politik Hukum Pajak) kepada saya dari Fakultas Hukum Unissula Semarang tidak dapat hanya dimaknai sebagai penghargaan dan penghormatan kepada kepakaran saya,  namun justru menambah amanah tanggung jawab saya yang tidak ringan, terutama untuk terus mengembangkan ilmu politik hukum pajak pada khususnya, dan ilmu hukum pada umumnya” jelas Edi.  

Profil Singkat Edi Slamet Irianto

Edi Slamet Irianto lahir di Kuningan Jawa Barat, pada tanggal 3 Mei 1963. Mendapatkan gelar akademik tertinggi pada Program Doktor Universitas Gadjah Mada dengan disertasi berjudul “Desentralisasi Fiskal Dalam Perspektif Demokratisasi Di Indonesia”. Edi Slamet Irianto kini menjabat sebagai Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara, dan telah mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan DJP selama lebih dari 30 tahun. Ia dikenal dengan sebutan “tangan emas Midas” karena kepemimpinannya terbukti selalu berhasil membawa unit vertikal yang dipimpinnya (baik di level KPP maupun Kanwil) mencapai target penerimaan bahkan meraih prestasi nasional. Ia juga berkontribusi menjadi salah satu tim reformasi perpajakan Indonesia di tahun 2006-2008.

Dalam  bidang akademik, sejak tahun 2009, Edi Slamet Irianto telah aktif dalam berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menjadi dosen pada berbagai perguruan tinggi serta menjadi pembimbing dan penguji mahasiswa program Doktoral antara lain di Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran dan Fakultas Hukum Universitas Andalas. Selain itu, ia juga aktif melakukan kegiatan riset, publikasi ilmiah, dan pengabdian masyarakat.

Categories: Tax Alert

Artikel Terkait