Ini Cara Agar Warisan Tanah atau Bangunan Bebas Pajak

bacaan 2 Menit
Pajak Warisan Cara Agar Bebas Pajak Waris Tanah Rumah Bangunan
Dokumen Istimewa

Harta warisan bukan merupakan objek pajak. Hal tersebut diatur secara jelas pada Pasal 4 ayat (3) huruf b Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh).

Ketika ahli waris menerima harta warisan, misalnya berupa tanah/bangunan, terjadi pengalihan hak dari pewaris ke ahli waris. Jika merujuk ketentuan pada Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2016 (PP 34/2016), penghasilan yang timbul dari pengalihan hak atas tanah/bangunan akibat waris masih termasuk dalam objek yang dikenakan PPh Final.

Namun, pada Pasal 6 huruf d PP 34/2016, dijelaskan bahwa penghasilan dari pengalihan hak atas tanah/bangunan akibat waris dikecualikan dari pembayaran PPh Final. Pengecualian diberikan apabila Wajib Pajak telah memiliki surat keterangan bebas (SKB).

Cara Mengajukan SKB PPh Final atas Warisan

Tata cara pengajuan SKB atas warisan diatur pada Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-30/PJ/2009 (PER 30/2009). Permohonan untuk memperoleh SKB diajukan oleh ahli waris secara tertulis ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat pewaris terdaftar. SKB diajukan dengan format sesuai Lampiran I PER 30/2009.

Format SKB Pajak Waris

Permohonan tersebut juga harus dilampiri dengan Surat Pernyataan Pembagian Waris dengan format sesuai dengan Lampiran IV PER 30/2009.

Keputusan atas pengajuan SKB akan diberikan dalam jangka waktu 3 hari kerja sejak pengajuan. Apabila telah melewati jangka waktu tersebut, permohonan dianggap diterima. Kepala KPP wajib menerbitkan SKB paling lambat 2 hari kerja sejak jangka waktu pemberian keputusan berakhir.

Categories: Tax Learning

Artikel Terkait