Bagaimana Cara Mengajukan Pengurangan PBB Jika Mengalami Bencana Alam?

bacaan 2 Menit

Tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia memiliki berbagai risiko bencana alam, mulai dari banjir, angin puting beliung, gempa, hingga tsunami. Bencana-bencana tersebut seringkali mengakibatkan kerusakan seperti kerusakan pada bangunan.

Berdasarkan ketentuan perpajakan, bangunan menjadi salah satu objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Bencana alam sering kali mengakibatkan perubahan kondisi pada objek pajak tersebut. Selain itu, korban bencana alam juga mungkin mengalami kerugian lainnya sehingga kesulitan dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Maka dari itu, pemerintah memberikan fasilitas berupa pengurangan PBB terhadap objek pajak yang terkena bencana alam.

Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan pengurangan PBB dalam jangka waktu paling lama 6 (enam) bulan sejak tanggal terjadinya bencana alam. Beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya: 

  1. satu permohonan untuk satu SPPT, SKP PBB, atau STP PBB
  2. Permohonan dilampiri dengan SPPT, SKP PBB, atau STP PBB yang dimohonkan pengurangan
  3. diajukan secara tertulis dalam bahasa Indonesia dengan mengemukakan besarnya persentase pengurangan PBB yang dimohonkan dengan disertai alasan yang jelas
  4. ditandatangani oleh Wajib Pajak atau wakil Wajib Pajak (dilengkapi Surat Kuasa)
  5. surat pernyataan dari Wajib Pajak yang menyatakan bahwa Objek Pajak terkena bencana alam, dan
  6. surat keterangan dari instansi terkait sebagai bukti pendukung yang menyatakan bahwa Objek Pajak terkena bencana alam.

Selain syarat tersebut, perlu diperhatikan juga bahwa Wajib Pajak tidak boleh memiliki tunggakan PBB atas Objek Pajak yang dimohonkan Pengurangan PBB, kecuali dalam hal objek tersebut terkena bencana alam. Permohonan serta surat pernyataan dibuat dengan menggunakan contoh format pada Lampiran PMK Nomor 82/PMK.03/2017. Keputusan atas permohonan pengurangan PBB akan diterbitkan oleh Kepala Kanwil DJP paling lama 4 (empat) bulan sejak tanggal surat permohonan tersebut diterima.

Categories: Tax Learning

Artikel Terkait