SPA FEB UI dan TERC FEB UI Gelar Tax Update Webinar Usung Tema Core Tax Administration System

bacaan 2 Menit

Core Tax Administration System: A New Milestone Over Indonesia’s Tax Reform

Tax Study Division SPA FEB UI berkolaborasi dengan TERC FEB UI mengadakan Tax Update Webinar 2022 dengan tema “Core Tax Administration System: A new Milestone Over Indonesia’s Taxation Reform” yang akan diadakan pada hari Rabu, 30 November 2022. Pendaftaran webinar dapat dilakukan melalui link bit.ly/RegistrationFormTUW2022.

Acara Tax Update Webinar ini akan diisi oleh seorang moderator Mrs. Crhristina Tjen yang merupakan coordinator of Tax Education and Research Center FEB UI dan dihadiri oleh 3 orang speaker (pembicara), yaitu:

  1. Eliza Rahel – Ketua Subtim Manajemen Komunikasi – Tim pelaksana Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP)
  2. Andreati Yohannes – Director Organization Transformation Consulting at Deloitte Indonesia
  3. Zahra Mulachella – Risk Management and Audit Manager for The Indonesian Business Unit of Harbour Energy

Webinar ini juga akan dibagi menjadi beberapa sesi, yaitu:

  • Sesi 1: “Understanding Strategic Goals and Implementation of Core Tax Administration System”
  • Sesi 2: “Core Tax Administration System From the Tax Observer’s  Point of View”
  • Sesi 3: “The Impact of New Tax Administration System on Current Business Environment”
  • Sesi 4: Sesi QnA

Sekilas Tentang Tax Update Webinar

Program Tax Update Webinar merupakan salah satu rangkaian program kerja yang diselenggarakan oleh Tax Study Division SPA FEB UI. Acara ini dilaksanakan satu kali dalam satu tahun. Tax Update Webinar berfungsi sebagai wadah untuk memperluas wawasan mahasiswa FEB dan mahasiswa fakultas maupun universitas lain serta masyarakat secara luas mengenai isu-isu terhangat dalam ranah perpajakan.

Maka dari itu pada tahun ini, Tax Update Webinar mengangkat temaCore Tax Administration System: A New Milestone Over Indonesia’s Taxation Reform”. Tema tersebut dibahas dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan mendalam kepada mahasiswa serta masyarakat luas mengenai sistem administrasi pajak baru yang akan diberlakukan tahun mendatang.

Selain itu, Tema Tax Update Webinar kali ini juga diharapkan dapat memberikan penjelasan mengenai mekanisme dan ketentuan sistem pajak yang akan berlaku. Selanjutnya, pemilihan tema ini juga ditujukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait sistem yang akan diberlakukan guna dapat memanfaatkan sistem baru ini dengan baik.

Mengacu kepada laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Core Tax Administration System merupakan sistem teknologi informasi yang menyediakan dukungan terpadu bagi pelaksanaan tugas DJP, termasuk otomasi proses bisnis. Terdapat 21 proses bisnis DJP yang akan dirancang ulang mulai dari pendaftaran, pengawasan kewilayahan, pengelolaan SPT, hingga taxpayer account management (TAM). Ketentuan terperinci perihal Core Tax Administration System ini telah diatur dalam dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.40/2018.

Pengembangan sistem Core Tax Administration dinilai sangat penting, mengingat sistem teknologi informasi Dirjen Pajak (SIDJP) saat ini dinilai memiliki keterbatasan. SIDJP dinilai belum terintegrasi dan belum mencakup seluruh administrasi bisnis inti pajak. Beberapa keterbatasan tentu mengganggu berbagai fungsi krusial dan kritis yang diperlukan oleh DJP, seperti dukungan terhadap pemeriksaan dan penagihan, seta fungsi sistem akuntansi (taxpayer account management) yang belum terintegrasi.

Categories: Tax Event

Artikel Terkait