e-SPT (Educational Second Party of Taxation)

bacaan 5 Menit
Univ brawijayaKegiatan ini bernama “e-SPT (Educational Second Party of Taxation)” – yakni sebuah brand event Himpunan Mahasiswa Perpajakan (Himapajak) yang sudah diadakan oleh Himapajak secara berkala di tiap tahun untuk memeriahkan hari jadi Himapajak. Pada kegiatan sebelumnya, kegiatan ini bernama P1JAK (Pekan Intelektual Pajak).
Kegiatan ini akan terus diadakan untuk memfasilitasi kreativitas mahasiswa Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya dan sebagai salah satu kegiatan dalam bidang kreatif yang bersaing dalam pangsa pasar persaingan ide-ide kreatif dalam hal pengetahuan perpajakan.
e-SPT memiliki tema dan nama yang berbeda setiap kali pelaksanaannya. Pada tahun ajaran sebelumnya (2012-2013), nama yang diambil adalah P1JAK (Pekan Intelektual Pajak) dengan tema yang diangkat yaitu “Langkah Awal Menuju Pajak yang Lebih Baik”.

Penjelasan Acara

Dalam Second Anniversary Himpunan Mahasiswa Perpajakan (Himapajak), pada kesempatan kali ini ada empat kegiatan untuk mendukung kreativitas serta mengasah kemampuan perpajakan mahasiswa serta siswa Sekolah Menengah Atas dan setingkatnya. Adapun penjelasan tiap kegiatan adalah sebagai berikut :

•    Tax Planning (Perencanaan Pajak)
Tax planning (Perencanaan Pajak) ini diadakan dalam bentuk perlombaan, disini peserta berdiskusi atau bertukar pikiran untuk meminimalkan pengeluaran (beban) pajak atau melakukan penghematan pajak, tentu dengan cara yang legal dan sesuai peraturan yang berlaku.

Pelaksanaan kegiatan ini yaitu pada:
hari
tanggal
tempat
Pukul
: Senin – Selasa
: 10-12 November 2014
: Gedung A Lantai 4, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.
: 07:00 WIB – Selesai
Dalam kegiatan ini terdapat 2 babak, yaitu :
 
1. Tahap Seleksi
 –    Seluruh peserta (setiap peserta/tim terdiri dari tiga orang) akan diberi studi kasus mengenai perencanaan pajak, bagaimana mereka akan mengefisensikan atau melakukan penghematan pajak yang terutang sesuai dengan peraturan perpajakan, entah UU KUP atau PMK, dan yang lain. Serta menghitung dan berwenang seolah-olah sebagai konsultan pajak sehingga memberikan saran atau pemecahan pada masalah atau studi kasus yang telah diberi.
 – Prosedur pada babak pertama ini adalah :

  1. Mengunduh formulir pendaftaran pada website http://himapajak.ub.ac.id/
  2. Mengisi formulir tersebut dengan benar dan lengkap, setelah formulir tersebut terisi, maka formulir tersebut dikirim melalui e-mail, ke e-mail himapajak (himapajak@gmail.com).
  3. Setelah peserta mengirimkan formulir, peserta akan mendapatkan soal studi kasus yang wajib dijawab, setelah soal tersebut dijawab, jawaban soal tersebut dikirimkan melalui e-mail kembali ke e-mail himapajak (himapajak@gmail.com).
  4. Jawaban soal tersebut akan diseleksi oleh juri, 15 tim terbaik akan masuk ke babak kedua.
 – Macam soal atau studi kasus yang akan diujikan yaitu :

  1. Perencanaan pajak pada perusahaan (efisiensi pajak)
  2. Perencanaan atas kode etik atau aturan perpajakan dan juga kepegawaian
  3. Perencanaan pajak pada Fiskus (optimalisasi pajak)
2.Babak Pertama (Babak Multiple Choice)
 –    Setelah terpilih 15 tim terbaik, 15 tim ini diwajibkan membayar Rp 600.000,00/tim untuk biaya pendaftaran, biaya pendaftaran ini sudah termasuk penginapan dan konsumsi (akomodasi selama di malang)
 –    Pada babak ini, tiap tim akan mengerjakan satu lembar soal yang berisi soal tertulis yang terdiri dari multiple choice.
3.Babak Kedua (Babak Essay)
 Dalam babak ini peserta akan diberikan soal essay yang dikerjakan secara beregu (1 tim).
 Setelah peserta melewati babak pertama dan kedua, maka peserta akan diseleksi dan diambil 6 tim untuk maju ke babak selanjutnya.
4.Babak Ketiga (Babak Debat/Semi Final)
 Pada babak ketiga ini merupakan babak bagi enam besar untuk mengeluarkan pendapat mereka tentang kasus-kasus yang diberi oleh juri.
 6 tim akan di pecah menjadi 3 tim pro dan 3 tim kontra.
 Dalam babak ini akan diseleksi 3 tim untuk menjadi juara I, II, dan III. Dengan mempertimbangkan essay yang telah mereka buat sebelumnya.

•    Cerdas Cermat

Cerdas cermat merupakan lomba perpajakan yang diperuntukkan bagi siswa SMA se-Jawa Timur. Peserta terdiri dari 3 siswa SMA disetiap tim. Disini peserta bersaing untuk menyelesaikan dan menjawab soal-soal mengenai perpajakan. Banyaknya peserta yang ingin mengikuti lomba cerdas cermat ini tidak dibatasi. Lomba ini dibagi menjadi 3 babak. Pada babak pertama peserta akan berlomba dengan mengerjakan soal multiple choice, selanjutnya peserta diambil 16 peserta yang aan mengerjakan soal essay dan multiple choice dan nantinya dari tahap ini diambil 10 peserta dengan nilai terbaik. Dari 10 peserta ini nantinya masuk ketahap final untuk berlomba lagi merebutkan juara satu, dua dan tiga.
 
Pelaksanaan kegiatan ini yaitu pada,

hari
tanggal
tempat
Pukul
: Minggu
: 9 November 2014
: Gedung A Lantai 4, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang.
 : 07:00 WIB – Selesai

•    Seminar Nasional
Kegiatan ini merupakan diskusi antara pemateri dengan peserta. Dalam kegiatan ini kami mengundang pemateri nasional sebagai pembicara dalam Seminar Nasional ini. Kami berencana mengundang pembicara nasional yang berasal dari tiga prespektif yang berbeda yaitu Pemerintah, Akademisi, dan Praktisi. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai isu perpajakan yang sedang menjadi bahan perbincangan di kalangan masyarakat.

Dalam kesempatan kali ini, kami mengundang tiga pembicara dari tiga sudut pandang yang berbeda. Pertama, Bapak Darussalam, SE.Ak, MSi, LLM Int. Tax selaku Managing Partner dari Danny Darussalam Tax Center (DDTC), kedua Bapak Dr. Ir. Arif Budimanta, MSc. selaku tim transisi Pemerintahan Jokowi-JK, dan ketiga Dr. A. Fuad Rahmany selaku Direktur Jenderal Pajak.
Seminar nasional kali ini akan membahas tiga subtema, yang pertama adalah membahas tentang evaluasi kinerja kenaikan penerimaan pajak (akan disampaikan oleh Bapak Darussalam, SE.Ak, MSi, LLM Int. Tax). Selanjutnya yang kedua, akan membahas tentang persiapan target penerimaan pajak sebesar 16% (akan disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Arif Budimanta, MSc.). Dan yang ketiga membahas tentang perlukah adanya perancangan ulang lembaga pemungutan pajak beserta aparatur perpajakan (akan disampaikan oleh Bapak Dr. A. Fuad Rahmany).
Pelaksanaan kegiatan ini yaitu pada,

hari
tanggal
tempat
Pukul
: Sabtu
: 8 November 2014
: Aula Gedung Teknik, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Malang.
: 07:00 WIB – Selesai

•    Close Night
Dalam Acara kali ini, terdapat dua konsep acara yang pelaksanaannya didalam satu tempat. Pelaksanaan kegiatan ini yaitu pada,

hari
tanggal
tempat
Pukul
: Kamis
: 13 November 2014
: Lapangan Parkir Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang.
: 08:00 WIB – Selesai

Rincian acara tersebut yaitu sebagai berikut :

a.    Bazaar “Tax’s Job and Culinary Festival”
Konsep yang akan digunakan pada kegiatan ini adalah penggabungan antara Job Fair dan Bazaar Kuliner. Pada kegiatan ini akan disediakan stan untuk informasi pekerjaan dan juga stan untuk kuliner, dimana kuliner ini merupakan UKM yang sedang digemari mahasiswa. Maka pengunjung dapat mencari informasi tentang dunia kerja serta dapat untuk mengetahui kiat bisnis UKM yang ada di acara ini. Tujuan penggabungan dua konsep acara ini adalah menciptakan solusi untuk pengunjung terutama mahasiswa agar mendapatkan informasi tentang pekerjaan dan/atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

b.    Awarding Night
Kegiatan ini merupakan kegiatan puncak e-SPT (Educational Second Party of Taxation) yang diadakan dalam rangka merayakan ulangtahun Himapajak yang kedua (Second Anniversary). Tagline acara ini adalah “Be Great, Be Amazing” yang merupakan doa untuk Himpunan Mahasiswa Pajak (Himapajak) sebagai himpunan yang baru mengabdi untuk mahasiswa Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Brawijaya (UB). Selain itu tagline ini juga merupakan doa agar Perpajakan FIA-UB dapat semakin lebih besar dan berkembang semakin baik di kedepannya.
Rangkaian acara Awarding Night yaitu sebagai berikut :

1. Wall of Hope for Himapajak
 Merupakan wadah untuk pengisian harapan yang diingin oleh audience atau pengunjung untuk Himapajak yang lebih baik.
 Sebagai sarana penyampaian pendapat pengunjung untuk Himapajak.
2.Instagram Competiton “Say What You Say”
  Merupakan kompetisi foto yang diadakan untuk audience atau pengunjung.
  Kriteria foto merupakan foto dengan tulisan atau ucapan selamat ulang tahun untuk Himapajak yang ke-2 dan/atau dengan background Hall of Fame pada malam Awarding Night.
  Foto ini wajib di upload pada akun instagram audience, dan di tag pada akun Instagram Himapajak, yaitu @Pajak_UB
3.Penampilan dari Lembaga Otonomi Fakultas (LOF)
 Merupakan penampilan persembahan dari seluruh atau 14 LOF Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.
4.Penampilan dari Himpunan Mahasiswa Perpajakan (Himapajak)
 Merupakan penampilan dari seluruh bidang yang ada di Himapajak.
5.Penampilan Band Indie
 Sajian khusus dalam puncak acara e-SPT yang mengundang Band Indie domisili Malang.

Categories: Tax Event

Artikel Terkait