Media Komunitas Perpajakan Indonesia Forums PPN dan PPnBM Terdapat masalah pelaporan PPN (tidak dapat membayar karena jumlahnya utuh)

  • Terdapat masalah pelaporan PPN (tidak dapat membayar karena jumlahnya utuh)

     Lin updated 1 year, 3 months ago 1 Member · 1 Post
  • Lin

    Member
    26 January 2023 at 9:52 am

    Pagi rekan2 WP, saya bisa minta pendapatnya ya, jadi saya ada masalah dalam pelaporan PPN saya untuk bulan Oktober 2022, sudah saya laporkan ke Helpdesk dan AR tapi mereka tidak ada solusi yg baik, dan AR pun sekarang juga sudah enggan mengurus masalah saya, saya pun paham karena AR itu menangani banyak WP, bukan cuman saya saja dan mungkin masalah saya juga agak berat tapi saya sendiri juga jadi stress terkena masalah ini karena saya jadi tidak bisa dapat NSFP untuk membuat FK masa Januari 2023

    Jadi pada akhir bulan Oktober saya ada melakukan penarikan FM di program Efaktur di fitur Prepopulated, namun saya tidak sadar kalau data FM nya itu tidak ter record, mungkin ada system error atau bagaimana saya pun kurang tau jadi saya kira penarikan FM nya sudah berhasil untuk masa 10, karena pada bulan November waktu saya melakukan penarikan FM dalam fitur Prepopulated lagi, saya pun baru sadar bahwa waktu saya cek di web efaktur, di masa oktober PM saya tercatatnya malah 0 sedangkan saya ada mengeluarkan FK untuk cust saya yg membutuhkan FK, dan ternyata waktu saya narik FM di masa 11 itu yg masa 10 ternyata nyangkut di masa 11 dan terupload di masa 11 juga, saya pikirkan sudah saya upload di masa 10 kemarin akhir oktober, jadi mungkin ini hanya FM sisa2 saja, tapi ternyata seluruh FM saya masuk ke masa 11..

    permasalahan saya adalah di masa 10 FM saya tercatat 0 sedangkan FK nya ada angkanya, anggap saja sekitar 600jt, jadi PPN nya ya sekitar 60jt an, PPN yg dibayarkankan SEHARUSNYAkan FK dikurangi FM.. jadi ya selisihnya, tapi ini karena tidak ada pengurangan dari FM, jumlah PPN yang saya harus dibayar jadi utuh 60jt, dan saya tidak mampu bayar kalau full karena sy hanya UMKM, dari pihak helpdesk bilang katanya sering sekali terjadi masalah begini yaitu WP salah mengkreditkan FM ke masa yg selanjutnya dan katanya terpaksa harus dibayar, tapi kalau jumlahnya sangat besar begitu bagaimana ya? AR saya sepertinya tidak peduli dan tetap menyuruh saya membayar dan melaporkan agar masalah cepat selesai.. semisal saya bisa bayar kan ya pasti langsung saya bayar jadi masalahnya selesai dan tidak menggangun pihak helpdesk maupun AR lagi, tapi AR sepertinya sudah enggan membantu saya mencarikan solusi.. saya tidak tau harus bagaimana lagi jadi saya mencoba sharing di forum ini dengan bertujuan mendapatkan pencerahan dari rekan2 WP yg pernah mengalami masalah yg sama.

    Terima kasih

Viewing 1 of 1 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now