Informasi Pajak Terkini Forums Bahas Berita Strategi DJP Hindari Korupsi di Wilayah Kerja

Tagged: 

  • Strategi DJP Hindari Korupsi di Wilayah Kerja

     Riyanto updated 9 months, 3 weeks ago 1 Member · 1 Post
  • Riyanto

    Member
    7 December 2021 at 8:38 am

    KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo, berpesan melalui momentum peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021, komitmen integritas para pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) perlu dibangun untuk memperkuat pajak tanpa korupsi. Untuk itu pihaknya melakukan tujuh program untuk mencegah korupsi di wilayah kerja DJP.

    Pertama, implementasi Zona Integritas(ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan DJP, sebagai penerapan reformasi birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas.

    Kedua, melakukan public campaign untuk internal maupun eksternal DJP, dengan upaya publikasi dan kampanye komitmen anti korupsi dari seluruh pegawai di kantor pajak maupun pada fasilitas publik.
    Ketiga, pemanfaatan whistle blowing system, yaitu aplikasi yang digunakan sebagai sarana untuk melaporkan indikasi tindak kecurangan, pelanggaran, dan fraud di lingkungan DJP.
    Kelima, memperkuat pengawasan oleh atasan langsung (pengawasan melekat) terhadap pegawai, melalui program Knowing Your Employee.


    Keenam, pengawasan pelaksanaan proses bisnis oleh atasan langsung secara berkelanjutan (ongoing monitoring) internalisasi corporate value yang tujuan utamanya adalah meningkatkan sinergi antar pegawai dalam suatu unit kerja.

    Ketujuh, penandatanganan Komitmen Integritas Pimpinan Komitmen Integritas Pimpinan ditandatangani oleh setiap Pimpinan Unit.

    “SDM (Sumber Daya Manusia) yang berintegritas merupakan salah satu pilar dalam Reformasi Perpajakan. Perilaku yang mengkhianati integritas merupakan isu yang perlu diselesaikan dan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan untuk menunjukkan bahwa DJP tidak menoleransi segala bentuk penyimpangan dalam mencapai Reformasi Perpajakan. Melalui Reformasi Perpajakan yang tercapai dengan baik, pajak akan menjadi kuat, sehingga pembiayaan pembangunan dapat berjalan dengan baik pula” ujar Suryo, Kamis (2/12).

    https://nasional.kontan.co.id/news/begini-upaya-ditjen-pajak-kemenkeu-cegah-pegawai-untuk-korupsi?page=2

Viewing 1 of 1 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now