Ortax Forums PPh Pemotongan/Pemungutan SPT Tahunan PPh 21 gak ada lagi??

  • SPT Tahunan PPh 21 gak ada lagi??

  • adyudha

    Member
    23 July 2008 at 2:11 pm
  • adyudha

    Member
    23 July 2008 at 2:11 pm

    Barusan dapet kiriman email dari temen yang isinya pelatihan pajak, isinya lumayan bikin kaget juga.

    Katanya SPT Tahunan 21 sekarang dihapus, dan yang ada hanya SPT Masa 21. Hal ini mengacu pada UU KUP No. 28 pasal 7 ayat 1 yang enggak menyebutkan tentang sanksi atas SPT Tahunan PPh 21. Langsung timbul pertanyaan di benak saya.

    – Apa bener dengan tidak tercantumnya sanksi atas keterlambatan penyampaian SPT Tahunan 21 itu berarti SPT Tahunan 21 jadi gak ada lagi?

    – Kalo emang iya kayak gitu, lantas untuk mengakomodir selisih perhitungan 21 yang setiap bulannya disetahunkan bagaimana?

    Mohon pencerahannya ya rekan2. Terima kasih.

    salam

  • abinzz

    Member
    23 July 2008 at 3:36 pm

    wah…
    Maxudnya apa yah SPT 1721 dihapuskan..
    Jangan2x Sengaja Biar DJP gampang Meriksa Kantor2x yang Males Lapor SPT 1721

  • hero_pen

    Member
    23 July 2008 at 3:43 pm

    Masa sih? Nggak lah, gimana nanti mau mengetahui perhitungannya secara total?

  • yasin

    Member
    23 July 2008 at 4:01 pm

    mungkin dibuat SPT masa saja, layaknya SPT PPN, SPT PPh 23 dsb, mekanismenya ya mungkin nanti ada aturan barunya (ini jawaban tebak = ngarang kali ya), karena di kita ini kan gampang banget aturan2 diterbitkan, belum fasih dengan aturan A eh.. keuar aturan B dan aturan A tidak diberlakukan lagi. ya ga rekan-rekan ?
    inget kan per 178, kita blm baca tuntas, dah keluar lagi per 70,
    gambang amat ya = apa coba-coba

  • adyudha

    Member
    23 July 2008 at 4:08 pm

    Saya juga berpikiran enggak mungkin dihapuskan, tapi ko saya dapet email mengenai pelatihan pajak yang subjeknya seperti yang saya utarakan di forum ini. Saya jadi bingung nih, mohon maaf ya kalau saya memperkeruh dunia per-21-an..

  • Budianto

    Member
    23 July 2008 at 6:05 pm

    kalo baca aturan SPT Tahunan 2008 no. PER-24/PJ/2008 tanggal 5 Juni 2008
    memang tidak ada SPT Tahunan u/ PPH 21,
    Hal ini dipertegas juga di peraturan pelaksanaannya yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 181/PMK.03/2008
    mudah-2an udah ada yg baca juga aturannya

  • Wahyudi

    Member
    24 July 2008 at 9:42 am

    Dulu diawal thn 2008 wacana penghapusan SPT Tahunan 21 memang sudah ada, dan sekarang aturannya juga udah keluar seperti yg udah ditulis oleh bapak budianto, namun jika kita masih ragu-2, ayo dech kita ramai minta konfirm langsung ke AR kita biar klop and membuat kita mantap.

  • adyudha

    Member
    24 July 2008 at 10:20 am

    saya kutip bunyi peraturannya ya (Pasal 7 ayat (1) UU KUP No. 28 Tahun 2008):

    Pasal 7

    (1) Apabila Surat Pemberitahuan tidak disampaikan dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3) atau batas waktu perpanjangan penyampaian Surat Pemberitahuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (4), dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) untuk Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai, Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) untuk Surat Pemberitahuan Masa lainnya, dan sebesar Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) untuk Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak badan serta sebesar Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) untuk Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak orang pribadi.

    Nah, di ketentuan tersebut emang gak disebut SPT Tahunan 21. Apa iya ini yang menunjukkan kalau SPT Tahunan 21 gak ada lagi. Mohon pendapatnya. Terima kasih.

  • POERBA

    Member
    24 July 2008 at 10:36 am
    Originaly posted by budianto:

    Hal ini dipertegas juga di peraturan pelaksanaannya yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 181/PMK.03/2008

    Saya kok ga nemu ya peraturannya..
    Ada yg mau menuliskannya ga di forum ini…
    Thx,,,,

  • ferry07

    Member
    24 July 2008 at 11:17 am

    ya nih, saya juga ga nemu PMK No.181/PMK.03/2008,, bukannya sampai sekarang baru sampai No.24/PMK.03/2008… mungkin yg dimaksud 181/PMK.03/2007 kalii ya..

  • POERBA

    Member
    24 July 2008 at 11:25 am

    Bener sih tahun 2008 pak…
    Coba aja perhatikan PMK no 24.. Diperaturan itu tertulis untuk menjelaskan/menerangkan atau apa gitu yg mangacu pada PMK no 181 tahun 2008..

  • ferry07

    Member
    24 July 2008 at 11:41 am

    coba deh diliat lagi pasal 14 PMK No.181/PMK.03/2007 disana ditulis bentuk dan tata cara penyampaian SPT Tahunan diatur melalui Peraturan Dirjen Pajak…kalo menurut saya per 24 di kalimat awalnya salah tulis…

  • upiel alir

    Member
    24 July 2008 at 12:03 pm

    ikutan nimbrung yah….

    Mungkin gak sih kalo yang dimaksud dengan SPT Tahunan WP OP adalah termasuk SPT Tahunan PPh pasal 21, karena pasal 21 itu dikenakan hanya atas penghasilan dari pekerjaan, jasa dan kegiatan yang dilakukan oleh WP OP..

Viewing 1 - 14 of 14 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now