Ortax Forums Lain-lain Profesi Konsultan Pajak

  • Profesi Konsultan Pajak

     gamulya updated 13 years, 11 months ago 8 Members · 11 Posts
  • asma

    Member
    21 May 2008 at 3:44 pm

    Rekan ortax..
    saya mau tanya nich, kalau buat profesi Konsultan pajak apakah cukup dengan mimiliki sertifikat brevet A & B trus urus izin profesinya? atau kah harus memiliki sertifikat Brevet C juga ya ?

  • asma

    Member
    21 May 2008 at 3:44 pm
  • wiguna

    Member
    21 May 2008 at 4:44 pm

    Sepengetahuan saya harus lulus sertifikasi untuk mendapatkan ijin sebagai konsultan pajak pak..

  • asma

    Member
    22 May 2008 at 8:19 am

    apakah untuk lulus sertifikasi tsb kita harus memiliki brevet A.B,C dulu, atau sertifikat Brevet A & B saja sdh cukup untuk mengikuti ujian lulus sertikfikasi

  • wiguna

    Member
    22 May 2008 at 1:22 pm

    kalau tidak salah pendidikan profesi konsultan pajak sudah meliputi Brevet A, B, dan C

  • ekonofriantoutama

    Member
    22 May 2008 at 3:25 pm

    kayaknya sih kalau mau ujian sertifikasi konsultan pajak gak perlu sertifikat brevet, kalau gak salah syaratnya mesti sarjana apa gitu

  • prastono

    Member
    23 May 2008 at 12:42 pm

    dengan memiliki sertifikat brevet A sudah cukup untuk mendirikan konsultan pajak. Perbadaan Brevet A/B/C hanya masalah pajak yang boleh ditangani. Namun pada prakteknya di lapangan batas tersebut sangat tipis dan sering diabaikan.

  • Wahyudi

    Member
    23 May 2008 at 2:30 pm

    Wah aku kayaknya ndak setuju tuh pendapat rekan prastono, kalau kita mo jadi konsultan pajak secara pribadi/freelance sich okelah syarat tahu pajak aja udah cukup.
    Tapi untuk mendirikan or membuat kantor konsultan pajak kita mesti ngikut dulu ujian sertifikasi or USKP. biayanya untuk satu ujian kalo kagak salah sekarang sekitar Rp. 3 juta.

  • POERBA

    Member
    23 May 2008 at 2:32 pm

    Satu lagi syaratnya seperti yg dikatakan ekonofriantoutama.. Untuk mengikuti ujiannya mesti S1…

  • surjono

    Member
    24 May 2008 at 9:18 pm

    waduh pak prastono, maap pak saya tidak setuju dengan jawabannya… jelas mesti S1 dan memiliki brevet A,B,C terus mengikuti USKP.. setelah lulus USKP baru kita sah mendapat titel BKP ( Bersertifikat Konsultan Pajak).. yang itu proses normalnya yang saya tahu setelah titel BKP kita dapatkan baru kita sah karena terdaftar sebagai Konsultan Pajak dan bisa membuka Kantor Konsultan Pajak…

  • gamulya

    Member
    27 May 2008 at 4:34 pm

    Saya setuju dengan mas surjono, persyaratan untuk menjadi konsultan pajak haruslah lulus USKP yang diselenggarakan 2x setahun, itupun ada tingkatannya A/B/C, untuk lulus tingkat A aja terkadang sulit banget karena nilai minumun yang harus didapat 60, itupun masing-masing mata kuliah yang diuji..persyaratan nya pun minimum S1, ijazah harus dilegasir dan terakreditasi , jika tidak bisa ikut ujian..biaya untuk tingkat A sekitar 3 jutaan, belum termasuk biaya pendaftaran 300.000, dan kalo kita dapet nilai <60 disalah satu mata ujian, kita harus ulang dan dikenakan biaya 300.000 permata kuliah..jadi lebih baik sebelum USKP, ikutan persiapan dulu deh sebelum ujian yang diselenggarakan IKPI/STPI/FISIP UI, dan sering-sering update peraturan..kalo udah dapet Sertifikat A & B deh barulah kita ajukan ke Dirjen Pajak untuk meminta ijin praktek..kalo cuma sertifikat kursus sih ngga bisa untuk jadi kuasa pajak di Pengadilan Pajak..sertifikat kursus sih buat ngelamar kerja kali..

Viewing 1 - 11 of 11 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now