Ortax Forums PPh Badan PPh Psl 25 & Psl 21

  • PPh Psl 25 & Psl 21

     Budianto updated 13 years, 11 months ago 6 Members · 11 Posts
  • abinzz

    Member
    23 May 2008 at 3:57 pm
  • abinzz

    Member
    23 May 2008 at 3:57 pm

    temen2x Ortax Tolong bantu dong,

    Minta Dasar hukum U/ Penyetoran & Pelaporan SPT Masa 21 &25
    atas perusahaan yang baru berdiri kapan paling lambat untuk lapor u/ cicilan PPh pasal 21nya??..

    u/ pasal 25 dari dasar apa kita menghitung PPh Pasal 25nya (Secara Perusahaan baru berdiri income awal belum ada) ??..

    tolong bantuannya yah -trims-

  • prastono

    Member
    23 May 2008 at 4:14 pm

    Untuk SSP PPh pasal 25 ya lapor nihil dulu aja. Sedangkan PPh 21 bila ada pegawai yang penghasilan di atas PTKP ya langsung dipotong pajak disetor paling lambat pada tanggal 10 bulan berikutnya. Setelah itu SSP PPh 25 dan PPh 21 tersebut dilaporkan ke KPP tempat anda terdaftar paling lambat tanggal 20 tiap bulan.

  • POERBA

    Member
    23 May 2008 at 4:17 pm

    Buat pak prastono,,
    SSP nihil, dilaporkan untuk bulan pertama aja bukan..? Untuk bulan kedua, setelah ada penjualan, dari penjualan itu baru dihitung angsuran PPh 25 nya..
    Thx..

  • abinzz

    Member
    23 May 2008 at 4:26 pm

    oh gitu yah pak pras,
    *tapi keadaan Rill di lapangan sebenarnya Perusahaan sudah Jalan Sejak Februari dan sudah ada Income Sejak Bulan April, apakah PPh Pasal 25nya sudah bisa dihitung pak??.. dengan perhitungan apa??..

    dan Misal SKT Perusahaan tempat saya bekerja sudah ada / terdaftar sejak November 2007 lalu karena Perusahaan Merasa Belum ada Pemasukan jadi mereka Merasa Tidak perlu melapor PPh tahun 2007.

    trus pak klo buat cicilan PPh Pasal 21nya kalau Perusahaan saya melaporkanya Mulai Masa Mei (Februari – April / 3bulan) blom di Lapor + setor bagaimana Pak??..
    saya cuekin aja tunggu terbit STP atau Jujur!… Setor + Lapor + Denda??

    tolong bantu yah Pak

  • POERBA

    Member
    23 May 2008 at 4:36 pm

    Buat PPh pasal 21 saran saya mendingan jujur aja pak, secara juga kalo denda masih 3 bulan.. Kl anda tunggu STP yang tidak tahu kapan datangnya, katakanlah stp datang tahun 2009 kan denda lebih gede lagi..
    Semoga membantu…

  • abinzz

    Member
    23 May 2008 at 4:46 pm

    ogh gitu ya pak Poerba, trimakasih..

    saya juga tadinya maw langsung jujur lapor kantor pajak.
    cuma takut dibilang terlalu jujur malah bunuh diri 😀
    hehe…

    untuk PPh Pasal 25.nya gmn nih temen2x

    ada yang bisa bantu nggak??..

  • Tamba

    Member
    27 May 2008 at 9:33 am

    Rekan abinzz, kalo PPh Ps.25 dilapor nihil dulu aja karena perusahaan masih baru nanti kalo dalam SPT Badannya Tahun 2008 ada keuntungan maka pada bulan April/Mei 2009 baru setor PPh Ps.25. Perhitungan PPh Ps.25 ada rumusnya sendiri ada contohnya di SPT Badan. Thx

  • abinzz

    Member
    27 May 2008 at 9:51 am

    Oke, Trima kasih Pak Tamba

  • Wahyudi

    Member
    27 May 2008 at 11:50 am

    Setuju pendapat rekan tamba, namun demikian apakah kita mo setor dan lapor PPh 25 ya dilihat dulu apakah selama usaha jalan tersebut untung secara fiskal kagak? kalo untung ya jalannya seperti pendapat rekan tamba, tapi kalo rugi ya nihil terus dalam satu periodenya.

  • Budianto

    Member
    27 May 2008 at 12:50 pm

    iya dong pak wahyudi, khan dasar hitung brp cicilan pph25 adanya dilembar ke2 SPT Badan, jadi kalo rugi melulu ya gak ada cicilan alias nihil.
    tapi harus bener2 rugi lho pak, jangan sampai ntar diperiksa oleh fiskus dan dikoreksi biaya kita jadi malah laba.

Viewing 1 - 11 of 11 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now