Ortax Forums PPh Badan pph 21 untuk WP badan

  • pph 21 untuk WP badan

     edisuryadi2 updated 12 years, 11 months ago 12 Members · 19 Posts
  • tini

    Member
    20 June 2008 at 10:29 am
  • tini

    Member
    20 June 2008 at 10:29 am

    hi semua,
    g member baru neh…
    em, g sekarang lagi kul, n dapet tugas tentang topik PPh 21 untuk WP badan..
    g juga bingung ttg perpajakan ndiri, maklum lah baru belajar…

    temen2 boleh kasih artikel ato pembahasan lengkap gak kasih g buat bahan pertimbangan g.. g bener bingung beda pph 21 WPOP ma WP badan tuh bedanya dimana aja…. g mau ada penjelasan dari apa itu PPh 21, bagaimana pph 21 WP badan itu.. kan pph 21 badan beda ma pph badan kan? puyeng………

    anyway, thanks y yang dah mo bantuin g…

  • abinzz

    Member
    20 June 2008 at 10:46 am

    waduh tini,,
    beda bener lah 21 Vs Badan..
    SPTnya aja beda..

    mungkin butuh berpuluh halaman menjelaskan Perbedaannya..
    hal mendasar aja nih..
    21 dikenakan u/ penghasilan Orang pribadi.
    PPh Badan dikenakan u/ penghasilan WP Badan.

    Jadi kaitannya..
    Sebagai tanggung Jawab Perusahaan atas Pekerjanya.. WP Badan di berikan tanggung jawab untuk memotong PPh atas penghasilan karyawannya.. jadi biasanya diperusahaan (yang baik) karyawan tinggal menerima take home pay aja gk ngurus pajaknya itulah yang dijadikan tugas buat tini sepertinya

    kalo boleh tau… tini kuliah jurusan apa yah??..
    kalau pajak saya coba saranin bli bukunya pak Muhammad Rusjdi (agak mahal tapi lengkap), kalo bukan coba cari2x buku2 pengantar perpajakan aja ata bukunya "pak Tulis Meulia" (maap kalo salah tulis nama) ada penerapan2x (perhitungannya juga).. smoga dimengerti dan bermanfaat

  • Wahyudi

    Member
    20 June 2008 at 2:03 pm

    mending rekan tini baca-baca dulu mengenai perpajakan di Indonesia, yg simpel-2 aja, bisa di buku atau lihat diaturan pajak yg ada di ortax ini. So, jika ngerasa ada yg kurang jelas, masukin aja pertanyaannnya di forum ini dan saya yakin banyak rekan-2 ortax ngebantu. Intinya biar rekan tini fokus dulu gitu.

  • JEFFRY

    Member
    20 June 2008 at 5:09 pm

    saya setuju dengan pendapat pak wahyudi. selain itu kalau bisa baca juga UU PPH nya. karena sumber dari semua itu adalah UU PPH itu sendiri

  • mardi

    Member
    21 June 2008 at 9:18 am

    Intinya ya kalo Badan itu hanya punya kewajiban motong, setor dan lapor PPh 21 dari pegawainya, tapi kalo OP kalo dia bekerja pada pihak lain(OP ataupun badan) atas penghasilannya dipotong PPh 21 dan dapat dikreditkan(kecuali ditentukan lain), kalo OP tersebut adalah pemberi kerja dia juga punya kewajiban motong, setor, lapor kayak Badan… Tapi kok sepertinya jawabanku nggak terlalu nyambung…maaf ya!

  • tini

    Member
    21 June 2008 at 9:34 am

    wah thanks bgt ya masukan dari temen2…
    ehm, g juga tau pph 21 beda ma pph badan, makanya g bingung neh, kok dosennya kasih tugas kek gitu

    cari bahan di inet yg keluar malah pph badan..
    klo pph 21 badan kewajibannya sama kagak ma yang dibilang ma mardi???
    klo diminta presentasi tugasnya ntar, kira2 g harus presentasi apa aja ya ttg pph 21 badan itu??? ah, sebenernya ada gak sih pph 21 badan itu? pusing…….

    klo diliet dari pengertian, kan di bilang pph 21 = WP org pribadi dan badan…….., nah g rasa pasti ada kali ya…
    tapi kok teorinya mirip2 ma pph 21 WPOP.. tapi jujur smpe skrg masih lum dapet g bahan utk WP badannya….

    mengenai buku yang diusulkan abinzz, g usahakan buat beli… soalnya ntar g mau lanjut S2, juga ada peljran perpajakan, jadi mesti g kuasai bener2… g jurusan komp. akuntansi abinzz, semester 6… skrg baru kesentuh g yg namanya pajak.. haha

    untuk saran wahyudi ma jefri, juga akan g usahakan.. buat maju kenapa tidak.. hehehe

    thanks ya, klo ada saran lagi muatin aja banyak2……… ^.^

  • surjono

    Member
    21 June 2008 at 5:38 pm

    kayaknya dikerjain tuh ama dosennya atau dosennya salah ngucap apa ya kayaknya? namanya Badan ya PPh 25/29.. masa 21? apa kata dunia? hehe kalo mau baca buku seh ada buku bagus yang cocok buat mahasiswa/i yang menggunakan bahasa pajak yang tidak terlalu berat dan ada beberapa pemecahan soal juga. judul bukunya Akuntansi Perpajakan, Penerbit Salemba Empat, karangan Soekrisno Agoes dan Estralita..

  • Bembo

    Member
    21 June 2008 at 9:44 pm

    Gw rasa yg ditanyain bukan PPh 21 Badan tapi kewajiban Badan selaku Pemberi Kerja atau yg ngasi gaji untuk ngitung PPh Ps 21 karyawannya atw yg nerima gaji..kl g percaya coba lo cek Bunyi Pasal 21 UU PPh trus Peraturan Dirjen Pajak nomer 15 th 2006,di ORTax ada ko…. mngkn lo salah nyatet soal kali?!!

  • besdy

    Member
    22 June 2008 at 10:14 pm

    Kalo menurut gua PPh 21 Badan itu berkaitan dengan pemotongan PPh 21 oleh perusahaan selaku pemberi kerja. Pemberi Kerja (Badan) mempunyai kewajiban untuk melaporkan dan memotong PPh 21 atas pemberian imbalan atas jasa yang diberikan orang pribadi, baik itu gaji, honor, pesangon. bonus, atau jasa profesional bebas (seperti pengacara, konsultan, akuntan, notaris, aktuaris dsb). Laporan bulanan dalam SPT Masa PPh Ps 21/26, Tahunan dalam SPT Tahunan Ps. 21. Mohon dikoreksi kalau ada yang salah.

  • tini

    Member
    23 June 2008 at 8:52 am

    thanks for all ya commentnya…….. ntar ada pertanyaan g tanya sini lagi deh….

  • FRANSISCUS

    Member
    15 June 2009 at 3:19 pm

    apakah ada sanksi/denda bila wp (badan) yang bergerak dibidang jasa konstruksi pada pembuatan spt masa/spt tahunan pph 21 nya diisi nihil padahal ada pekerja harian/lepas (jika ada proyek saja) walaupun ujung-ujungnya hitungan nihil.karena upah mereka rata-rata +:-x = nihil

  • gustian62

    Member
    15 June 2009 at 3:34 pm
    Originaly posted by tini:

    hi semua,
    g member baru neh…
    em, g sekarang lagi kul, n dapet tugas tentang topik PPh 21 untuk WP badan..
    g juga bingung ttg perpajakan ndiri, maklum lah baru belajar…

    temen2 boleh kasih artikel ato pembahasan lengkap gak kasih g buat bahan pertimbangan g.. g bener bingung beda pph 21 WPOP ma WP badan tuh bedanya dimana aja…. g mau ada penjelasan dari apa itu PPh 21, bagaimana pph 21 WP badan itu.. kan pph 21 badan beda ma pph badan kan? puyeng………

    rekan tini bisa baca buku pelaporan Pajak Penghasilan karangan Gustian Djuanda penerbit Gramedia Pustaka Utama

  • FRANSISCUS

    Member
    15 June 2009 at 3:37 pm

    bang gustian untuk pertanyaan saya gimana?

  • edisuryadi2

    Member
    15 June 2009 at 3:41 pm

    Tini, ada emailnya nggak saya punya modul mengenai PPh Badan yang saya dapat di Internet kalau tidak mau tolong kirim kasi emailnya disini.Ok, selamat bergabung dan mudah-mudahan dapat memetik manfaatnya disini. Aminen

Viewing 1 - 15 of 19 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now