• Penghapusan NPWP istri dan PPS

     Anonymous updated 1 year, 6 months ago 6 Members · 13 Posts
  • Putri Kirani

    Member
    15 February 2022 at 8:14 am

    Mohon bantuannya rekan,
    Saya istri, ingin menghapus NPWP dan bergabung dengan suami, saya sdh menikah 5th akan tetapi blm melakukan penghapusan dan sebelumnya tidak pernah melakukan perhitungan ulang kurang bayar atas penghasilan suami istri. Pertanyaannya :
    a. apakah bisa dengan saya ikut PPS dahalu lalu mengajukan penghapusan NPWP spya tidak dikejar kurang bayarnya yg tahun2 lalu?
    b. apakah ikut PPS bisa menjamin bahwa tidak akan diperiksa utk kurang bayarnya?
    c. atau penghapusan NPWP dulu baru ikut PPS? kalau penghapusan dulu berarti akan timbul kurang bayar atas thn2 sebelumnya? termasuk denda ya?

    Terima kasih rekan..

  • harind

    Member
    16 February 2022 at 4:18 pm

    memungkinkan pencabutan NPWP dan tidak ikut PPS jg

  • hendra prasetio

    Member
    16 February 2022 at 8:23 pm

    saya mencoba menjawab:

    a. suami isteri merupakan 1 kesatuan ekonomi, langkah awalnya adalah pengajuan permohonan NE dan selanjutnya dilakukan penelitian/pemeriksaan kewajiban perpajakn terdahulu apakah tidak ada potensi … diteruskan dengan proses penghapusan….butuh waktu yang cukup panjang

    b. masih ada potensi untuk diperiksa

    c. ya bisa hal tersebut terjadi

  • maggie

    Member
    2 March 2022 at 3:56 pm

    Hi.. sy juga sedang mencari informasi terkait hal ini..

    Mohon sharing dari rekan-rekan Ortax. Jika suami istri ikut PPS baru kemudian mengajukan penggabungan NPWP, berarti selain membayar PPh final atas PPS juga masing2 harus membayar kurang pajak tahun 2021 (saat NPWP belum dihapus) dengan perhitungan ulang/digabung.

    Namun masih ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan:

    1. masih ada kemungkinan pemeriksaan setelah menyampaikan PPS

    2. informasi yg beredar, tidak semua kpp mau menyetujui penghapusan NPWP istri (supaya jumlah WP tidak berkurang?). khawatir setelah ikut PPS, pengajuan penghapusan NPWP akhirnya ditolak.

    3. penghapusan NPWP istri akan melalui proses pemeriksaan dlm jangka waktu 6 bulan, yg mungkin saja menyebabkan status kurang bayar.

    bagaimana solusi terbaik nya ya?

    Terima kasih sebelumnya

    • harind

      Member
      31 March 2022 at 12:04 pm

      1. mungkin

      2. pencabutan NPWP adalah hak WP jika memenuhi salah satu keadaan tertentu, salah satunya gabung dgn suami jadi kemungkinan ditolak kecil sewajarnya

      3. memungkinkan, tapi jika sudah yakin taat pajak tidak perlu khwatir rekan apalagi berniat ikut PPS

  • maggie

    Member
    28 March 2022 at 4:47 pm

    Hi Putri, apa jadinya sudah ajukan penghapusan NPWP istri? bagaimana ya prosesnya

    • Putri Kirani

      Member
      31 March 2022 at 11:15 am

      hai.. belum mengajukan.. jadinya saya hold dulu smpai tdk ada transaksi, biar tdk diperiksa.. lalu saya mengajukan penghapusan..

      • gtx19

        Member
        1 August 2022 at 10:23 am

        Halo, bu Putri & bu Maggie,

        Apa jadi mengajukan? sy mau share masalah ini juga, kebetulan istri juga kasusnya seperti ini.

        jadi setelah ikut pps, mengajukan permohonan penghapusan npwp. dan kemarin dpt surat pemeriksaan dari kpp, cuma isinya pemberitahuan aja. ga ada pinjam dokumen apa2 & pemberitahuan untuk menghubungi untuk info lebih lanjut.

        masalahnya yg periksa itu tim pemeriksa, bukan ar. bingung sy jadinya, kenapa gitu ya? apakah normal atau tidak? lalu yg diperiksa jg masa jan-jun 2022, karena pengajuan itu di akhir bulan juni.

        • Anonymous

          Deleted User
          8 August 2022 at 7:31 pm

          @gtx19

          Prosesnya memang seperti itu, setelah pengajuan penghapusan npwp istri diterima beserta dokumen-dokumennya maka akan dilakukan pemeriksaan oleh tim pemeriksa dari KPP, kalau ikut PPS maka yang diperiksa ialah tahun pajak 2021 dan 2022 (periode awal tahun 2022 s.d bulan terakhir pengajuan penghapusan npwp istri)

          Apabila ikut PPS maka tidak akan lagi diterbitkan surat keputusan pajak apabila memang ada pajak kurang bayar termasuk denda-dendanya untuk periode 2016 s.d 2020, sebaiknya ikut PPS dulu baru ajukan penghapusan NPWP agar kurang bayar + denda pajak dihapuskan dan proses pemeriksaan berjalan lancar

          • Anonymous

            Deleted User
            8 August 2022 at 7:42 pm

            Itu semua berdasarkan pengalaman pribadi, saya dan istri juga ada kurang bayar karena ketidaktahuan kami, lalu kami ikut pps, setelah ikut pps, istri ajukan penghapusan npwp ke kpp, dimulai dari awal mei, lalu mendapatkan surat informasi pemeriksaan di awal juni, lalu diminta mengikuti/mengisi berita acara pemeriksaan oleh tim pemeriksa/fiskus, setelah proses verifikasi oleh tim pemeriksa/fiskus, di akhir juni mendapatkan surat keputusan penghapusan npwp

            • gtx19

              Member
              9 August 2022 at 8:41 am

              apakah ada kurang bayar setelah pemeriksaan? prosesnya cepet banget ya, kalau sy ajukan di akhir juni kemarin. akhir juli dpt surat pemeriksaan tapi ga ada keterangan suruh hubungi tim pemeriksa, jadi sampai sekarang kami masih tunggu aja gimana kelanjutannya. atau kami hubungi kpp aja buat konfirmasi ya?

            • Anonymous

              Deleted User
              16 August 2022 at 4:54 pm

              @gtx19

              Tidak ada kurang bayar setelah pemeriksaan, kurang bayar kami di 2021 sudah dilunasi ketika lapor SPT Tahunan 2021, tentunya setiap WP berbeda-beda kasusnya, dalam pemeriksaan seharusnya mereka akan menemukan apabila ada kurang bayar kecuali apabila sudah ikut tax amnesty atau pps maka tidak akan diterbitkan surat ketetapan apapun kecuali terkait harta yang belum atau kurang dilaporkan di tax amnesty atau pps

              Berdasarkan surat perintah pemeriksaan (SP2) Istri diminta untuk ke KPP untuk diwawancarai oleh tim pemeriksa terkait penghapusan NPWP, tapi karena KPP istri diluar kota, wawancara dilakukan melalui whatsapp call, lalu istri diminta menandatangani berita acara pemeriksaan, setelah itu 2 s.d 3 minggu kemudian SK penghapusan NPWP diterbitkan dan dikirimkan ke alamat NPWP Istri

            • Anonymous

              Deleted User
              16 August 2022 at 4:58 pm

              Terkait surat perintah pemeriksaan, WP diharapkan agar secara aktif menindaklanjuti ke KPP dengan menghubungi tim pemeriksa agar proses pemeriksaan berlangsung lancar dan hasilnya bisa segera dikeluarkan

Viewing 1 - 5 of 5 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now