Ortax Forums PPh Badan NPWP pengurus

  • NPWP pengurus

     asma updated 13 years, 12 months ago 14 Members · 24 Posts
  • yasin

    Member
    22 April 2008 at 12:34 pm

    mo tanya nich ke rekan-rekan,
    SPT tahunan Badan ato SPT Tahunan PPh 21, dimana pengurus tidak ber-NPWP ato NPWP tidak dicantumkan dalam kolom formulir yang telah disediakan adalah SPT tidak lengkap dan KPP berhak menolak,
    pertanyaanya peraturanya nomor berapa ya, Kep, Per ato SE-nya?

  • yasin

    Member
    22 April 2008 at 12:34 pm
  • poernama

    Member
    22 April 2008 at 2:31 pm

    pak yasin,
    kalo nyari regulasi yang related secara langsung dengan SPT nya wah saya juga lagi nyari pak, tapi kalo saya telaah sih di dalam ketentuan penandatangan SPT tahunan itu kan wajib pajak/pengurus, nah himbauan ber-npwp itu sendiri kan secara umum ditujukan pada yg diatas ptkp dan lebih 'ditekankan' pada pribadi2 yg menjadi pengurus, direksi, komisaris dlsb, otomatis jadinya nyambung ya yang diwajibkan banget itu pengurus disatu sisi, disisi lain yg ttd spt itu ya pengurus jadi secara tdk langsung spt harus ditanda tangani oleh pengurus yg ber npwp, mungkin ada pendapat lain yg lebih cerdas, dan yg punya kep, per or se nya sy juga perlu tuh..

  • Dimas85

    Member
    22 April 2008 at 2:53 pm

    Menurut saya sich itu tergantung dari KPPnya, karna berdasarkan pengalamanku sich kalo KPPnya konvensional mereka mengharuskan dicantumkannya NPWP direksi dan pengurus, sedangkan kalo KPPnya lebih modern mereka sich biasanya tidak mempermaslaahkan, menurut mereka khan yang terpenting sich NPWP Perusahaannya karena itu adalah SPT Perusahaan, maslah direksi tidak punya NPWP mah itu masalah KPP tempat dia berdomisili.

  • ortax.org

    Administrator
    22 April 2008 at 3:01 pm

    KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR KEP – 36/PJ/2004 TENTANGPERUBAHAN ATAS KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR KEP – 49/PJ./2003 TENTANG TATA CARA PENERIMAAN DAN PENGOLAHAN
    SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN

  • yasin

    Member
    23 April 2008 at 8:43 am

    waduh terima kasih banyak mas dikdik, rumornya juga SPT Pph 21 juga nanti setiap form 1721A1 karyawan yang berpengh diatas PTKP harus ada NPWP kary tersebut kalo ga SPT ga akan diterima, peraturanya akan dibuat, itu baru katanya orang KPP sih.

  • evan212

    Member
    23 April 2008 at 8:51 am

    untuk karyawan dan pengurus ada Per-16 dan KEp -175 yang mengharuskan perusahaan untuk mendaftarkan pegawai dan pengurus untuk mempunyai NPWP

  • yasin

    Member
    23 April 2008 at 11:15 am

    melaui Kep seperti ini sebenarnya menyudutkan kita sebagai WP ga sih, kaya yang dibilang evan212 perusaharan diharuskan mendaftarkan pegawai untuk mempunyai NPWP, sebenarnya yang harus berburu NPWP kita sebagai WP atao petugas pajak yang telah digaji untuk itu, bener ga, kalo ga bener maaf ya, ini sharing doang.

  • Wahyudi

    Member
    23 April 2008 at 4:15 pm

    Kalo aku sih petugas pajak yg harus mendapatkan buruan siapa yg kena NPWP sebab disitu kan sudah ada bagian insentifikasi & eksentifikasi pajak.
    Sedangkan khusus OP yg berprofesi karyawan menurut aku mending perusahaan wait and see, sebab yang namanya karyawan itu kan rentan…..besok didaftarin dapet NPWP eeh bisa jadi bulan berikutnya kena PHK….udah jatuh ketimpa tangga pula.

  • evan212

    Member
    25 April 2008 at 8:01 am

    bener tuh kata pak Wahyudi, ada temen yang didaftarin perusahaannya dapet NPWP terus perusahannya collapse, si temen bingung mau lapor pake 1770 S atau pake 1770 sebab si temen udah gak ada penghasilan lagi, dibilang karyawan bukan, pekerjaan bebas apalagi. Ada SPT buat pengangguran gak yah ??? (smile mode on)

  • yasin

    Member
    25 April 2008 at 8:52 am

    yang dimaksud wait and see tuh apa ya? disana jelas mas evan sebutin per 16 dan kep 175 bahwa perusahaan harus mendaftarkan karyawan untuk dpt NPWP, nanti kalo SPT tahunan PPh 21 kita ga diterima dengan alasan SPT ga lengkap kaya yang dialami aku bulan meret 08 kemaren gimana, kita dibuat pening juga,

  • ortax.org

    Administrator
    25 April 2008 at 9:10 am

    Berdasarkan yang saya pahami, PER-16 tidak mengharuskan perusahaan mendaftarkan karyawan dan pengurusnya untuk mendapatkan NPWP.
    Maksud yang tersirat adalah perusahaan "diminta bantuannya" untuk mendaftarkan NPWP karyawan dan pengurusnya karena hal tersebut adalah cara yang lebih memungkinkan untuk ekstensifikasi wp.

  • LIVIE

    Member
    25 April 2008 at 9:43 am

    Memang sih dlm PER-16 tidak mengharuskan perusahaan mendaftarkan karyawan dan pengurusnya utk mendptkan NPWP, tapi ada beberapa KPP yg menolak menerima SPT Tahunan PPh Pasal 21 apabila daftar pegawai yg penghasilannya diatas PTKP tdk mempunyai NPWP….jadi mau ga mau perusahaan-lah yg mengkoordinasikan para karyawannya utk memiliki NPWP.

  • yasin

    Member
    25 April 2008 at 10:21 am

    tuh kan, kita sebagai WP kan yang di . . . . . . . . . aturan ga mengharuskan tapi pelaksananya mewajibkan gimana tuh, match ga,
    ini sekedar sharing ke aparat ya pak, mohon tidak terlalu kaku memperlakukan kita, kita ini dah membantu Bpk lho, mengolek uang untuk negara dengan kita menghitung PPh dan mempelajari pajak, tul ga rekan-rekan?,

  • yasin

    Member
    25 April 2008 at 10:29 am

    mas dikdik bukan maksud yang tersirat lagi, saya TELAH di tolak SPT saya, yang konsekwensinya harus bayar denda

Viewing 1 - 15 of 24 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now