Ortax Forums PPh Badan kalo CV

  • kalo CV

     Jhon updated 14 years ago 12 Members · 20 Posts
  • milanimaniac

    Member
    23 April 2008 at 8:42 am

    maap, masih baru mo nanya
    kalo badan usaha macam CV ato Yayasan dll tuh harus pake pembukuan atau boleh pakai norma.?
    dasar hukumnya..?
    makasie

  • milanimaniac

    Member
    23 April 2008 at 8:42 am
  • evan212

    Member
    23 April 2008 at 8:47 am

    Di UU KUP ps. 28 sudah jelas bahwa badan usaha harus pembukuan, norma hanya berlaku untuk Orang Pribadi.

  • JEFFRY

    Member
    23 April 2008 at 3:44 pm

    Yayasan harus menggunakan pembukuan alasannya karena yayasan berbentuk badan hukum. CV dapat memilih mau menggunakan pembukuan atau norma terserah tetapi harus diperhatikan untung ruginya.

  • milanimaniac

    Member
    23 April 2008 at 5:16 pm

    apa dasarnya?? kalo hanya OP aja yg boleh pke norma ataupun CV boleh pake?

  • yasin

    Member
    24 April 2008 at 8:10 am

    dasarnya : kep 536/PJ/2000

  • evan212

    Member
    25 April 2008 at 8:14 am

    emang ada cv yang pake norma ???? yg saya tahu cuma OP < 1,8 M

  • milanimaniac

    Member
    25 April 2008 at 8:26 am

    lha tuh katanya om jeffry, makanya jadi tambah bingung coz di kep-536 kok ga ada yang nerangin masalah CV boleh pake norma…

  • LIVIE

    Member
    25 April 2008 at 8:26 am

    Klo menurut saya CV itu termasuk dalam bentuk hukum badan usaha (Pasal 1 UU KUP), sehingga klo CV bleh memilih utk menggunakan norma kayaknya tidak tepat yah…krn di Pasal 28 UU KUP jelas sekali bahwa badan usaha wajib memakai pembukuan.

  • yasin

    Member
    25 April 2008 at 8:30 am

    tentu saja hanya WP OP yang hanya bisa pake perhitungan PPh dg menggunakan Norma (kep536/PJ/2000=hanya untuk WP OP), dan cv ga boleh pake Norma dia kan BADAN

  • hendra0708

    Member
    1 May 2008 at 9:49 pm

    tambahan aja selain pembukuan bisa juga dipergunakan pencatatan untuk melaporkan besarnya omzet serta biaya-biayanya.tetapi norma tidak boleh dipergunakan.

  • Wahyudi

    Member
    2 May 2008 at 2:57 pm

    Sekedar tambahan untuk rekan-2, dalam masalah ini coba kita perhatikan lebih seksama psl.1 angka 2,3 dan 4 kemudian kita kaitkan dg psl.28 ayat 2 UU KUP Psl. 28 ayat 2 trus kita link ke pengisian SPT Tahunan milik OP.
    Dlm psl. 1 angka 4 disebutkan bahwa PENGUSAHA itu adalah berbentuk OP dan bisa juga BADAN, jadi sepertinya dimungkinkan juga CV masuk dalam kategori OP, betul kagak (ingat link aja ke SPT Tahunan OP yg mana penghasilan dari CV adalah termasuk juga penghasilan OP)? jadi dengan demikian apakah boleh CV memakai norma, ya menurut aku lihat aja omzetnya dan kemauan dari CV tersebut ketika berdiri?

  • Nurdin

    Member
    2 May 2008 at 3:20 pm

    CMIIW,

    sekedar mau menambahkan..
    Saya rasa kita harus melihat esensi-nya Pak, bahwa CV atau Perseroan komanditer harus didirikan oleh minimal 2 orang. Hal ini pun secara tegas dituangkan dalam UU KUP Pasal 1 Point 3, bahwa CV itu adalah salah satu bentuk dari Badan Usaha.
    Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 28 Ayat 1 UU KUP, Wajib Pajak Badan harus menyelenggarakan "Pembukuan".
    Jadi, saya berpendapat, CV mutlak memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan Pembukuan. sekali lagi CMIIW…

  • fiskus

    Member
    3 May 2008 at 4:26 am

    saya nga paham maksudnya mas wahyudi…

    kan secara tegas di undang2 udah ditulis WP BADAN harus menyelenggarakan pembukuan.

    (ingat link aja ke SPT Tahunan OP yg mana penghasilan dari CV adalah termasuk juga penghasilan OP)

    maksudnya gimana yah mas…kan di undang2 PPh (pasal 4 klo g salah, ayatnye gw lupa) disebutin klo bagian laba yg diterima anggota CV bukan termasuk Objek Pajak.

  • Jhon

    Member
    3 May 2008 at 8:04 am

    Saya setuju dng Pak Nurdin… "MUTLAK"…. harus pembukuan

Viewing 1 - 15 of 20 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now