Ortax Forums Bahas Berita Indonesia-Malaysia Perkuat Kerja Sama di Bidang Kepabeanan

  • Indonesia-Malaysia Perkuat Kerja Sama di Bidang Kepabeanan

     budiant0 updated 2 months, 1 week ago 2 Members · 2 Posts
  • doripau

    Member
    16 November 2021 at 7:59 am

    Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang mewakili Pemerintah Republik Indonesia bersama Menkeu Tengku Zafrul Tengku Abdul Azis yang mewakili Pemerintah Malaysia melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama dan Bantuan Administrasi Timbal Balik Bidang Kepabeanan di Istana Bogor, Rabu (10/11).

    Nota kesepahaman ini merupakan payung hukum yang diinisiasi Kastam Diraja Malaysia saat Bilateral Meeting kedua Administrasi Kepabeanan ke-12 yang diselenggarakan di Melaka, Malaysia tahun 2014 dan disambut baik oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan. Pada Agustus 2021, kedua negara telah melakukan finalisasi dan menyepakati draft Nota Kesepahaman tersebut.

    Ruang lingkup Nota Kesepahaman mencakup pertukaran data/informasi yang bersifat administratif dan intelijen, capacity building untuk kedua pihak, serta mengakomodasi pertukaran informasi dengan menggunakan teknologi. Badan Pelaksana Nota Kesepahaman ini adalah DJBC dan Kastam Diraja Malaysia.

    Momentum penandatangan Nota Kesepahaman diharapkan dapat menjadi landasan hukum atas kerja sama yang telah terjalin di antara kedua negara, serta dapat membuka peluang kerja sama lainnya yaitu perdagangan lintas batas dan keuangan syariah sehingga sinergi pengawasan perbatasan Indonesia-Malaysia meningkat dan menurunkan tingkat pelanggaran kepabeanan dan cukai.

    Sebelum adanya Nota Kesepahaman ini, kerja sama Indonesia dengan Malaysia di bidang kepabeanan sudah terjalin. Beberapa diantaranya yaitu Annual Bilateral Meeting yang diagendakan setiap tahun mulai dari tahun 2003. Annual Bilateral Meeting ini mendiskusikan isu kepabeanan kedua negara serta pengawasan bersama seperti Patroli Koordinasi Kastam Indonesia dan Malaysia (Patkor Kastima) dan joint task force on narcotics.

    Sumber: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/nota-kesepahaman-memperkuat-kerja-sama-indonesia-malaysia-di-bidang-kepabeanan/

  • budiant0

    Member
    16 November 2021 at 9:56 am

    upaya yang bagus dari pemerintah

Viewing 1 - 2 of 2 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now