Informasi Pajak Terkini Forums Bahas Berita Buffet: Perang Dagang AS-China Buruk Bagi Dunia

  • Buffet: Perang Dagang AS-China Buruk Bagi Dunia

     joancoex updated 3 years, 6 months ago 2 Members · 3 Posts
  • Riyanto

    Member
    7 May 2019 at 9:09 am

    REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Miliarder Warren Buffett mengatakan pada Senin (6/5) bahwa perang dagang antara Amerika Serikat dan China akan buruk bagi seluruh dunia. Buffett berbicara setelah Presiden AS Donald Trump mencicit di Twitter pada Ahad (5/5) bahwa ia akan menaikkan tarif impor barang-barang China senilai 200 miliar dolar AS menjadi 25 persen dari 10 persen mulai Jumat (10/5).

    Trump juga mengatakan dia akan segera mengenakan tarif 25 persen pada 325 miliar dolar AS barang-barang China yang belum dikenakan pajak. Pasar-pasar saham utama jatuh di seluruh dunia pada perdagangan Senin (6/5) sebagai tanggapan terhadap komentar Trump, yang mendahului jadwal pembicaraan perdagangan minggu ini, dan merupakan respons "rasional", kata Buffett di televisi CNBC.

    Konglomerat Buffett, Berkshire Hathaway Inc memiliki atau berinvestasi di banyak perusahaan yang melakukan bisnis di China, termasuk Apple Inc. Ia memiliki saham lebih dari 50 miliar dolar AS dan pembuat mobil listrik China BYD Co.

    "Jika kita benar-benar memiliki perang dagang, itu akan berdampak buruk bagi seluruh dunia," kata Buffett. Perang dagang skala penuh tidak mungkin, katanya, tetapi akan berdampak buruk bagi semua yang dimiliki Berkshire.

    Wakil Ketua Berkshire, Charlie Munger, juga berbicara di CNBC, mengatakan Trump tidak benar-benar gila karena menginginkan tarif yang lebih tinggi pada beberapa barang. Tetapi bahwa perang dagang akan sangat bodoh.

    Meskipun ada kekhawatiran, Buffett mengatakan omong kosong bagi investor untuk menjual saham berdasarkan berita utama negatif. Ia menambahkan bahwa Amerika Serikat dan China akan menjadi negara adidaya dunia untuk 100 tahun ke depan dan akan selalu memiliki ketegangan.

    Dia juga mengatakan pertempuran itu tidak akan mempengaruhi bagaimana Berkshire yang berbasis di Omaha, Nebraska, beroperasi.

    Perusahaan ini memiliki lebih dari 90 perusahaan termasuk utilitas, pembuat bagian industri dan bahan kimia, asuransi mobil Geico dan es krim Dairy Queen, dan pada akhir Maret dengan investasi ekuitas 191,8 miliar dolar AS.

    "Kami akan membeli saham yang sama hari ini yang kami beli minggu lalu, dan akan senang jika perusahaan-perusahaan China yang baik menyatakan minatnya dalam transaksi Berkshire," kata Buffett.

    Trump pada Senin (6/5) mencicit bahwa Amerika Serikat selama bertahun-tahun kehilangan 600 miliar dolar AS hingga 800 miliar dolar AS per tahun pada perdagangan. "Dengan China kita kehilangan 500 miliar dolar AS. Maaf, kami tidak akan melakukan itu lagi!" katanya.

    Buffett mengatakan pembicaraan yang sulit sebelum negosiasi perdagangan dapat dimengerti, mengatakan bahwa bagi sebagian orang teknik terbaik adalah bertindak setengah gila. Tetapi itu tidak akan efektif untuk menggoyangkan kepalan tangan Anda terlebih dahulu dan kemudian menggoyangkan jari Anda nanti.

    Dia menambahkan bahwa tarif yang direncanakan Trump meningkatkan pertaruhan bagi pemimpin China Xi Jinping.

    "Anda berbicara tentang dua kepribadian yang sangat terbiasa dengan cara mereka dalam politik, dan berbicara tentang bagaimana mereka akan dianggap di negara mereka sendiri dalam hal perilaku mereka," kata Buffett. "Itu menjadi sangat rumit."

    Buffett mengatakan sengketa perdagangan telah berdampak pada kereta api BNSF Berkshire.

    Sementara itu, Jim Weber, kepala eksekutif unit Berkshire's Brooks Running, mengatakan dalam sebuah wawancara pekan lalu bahwa perusahaannya mengakhiri sebagian besar produksi sepatu di China dan memindahkannya ke Vietnam karena masalah tarif.

    Buffett juga mengatakan Amerika Serikat harus meningkatkan hubungan perdagangannya dengan Kanada dan Meksiko. "Kami memiliki banyak dan banyak kepentingan bersama," katanya. "Perdagangan dengan Meksiko dan Kanada sangat penting. Kita harus memperlakukan mereka sebagai tetangga, dan bukan musuh."

    Sumber: https://republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis-glob al/pr40fy328/buffett-perang-dagang-aschina-buruk-b agi-dunia

  • Riyanto

    Member
    7 May 2019 at 9:09 am
  • joancoex

    Member
    7 May 2019 at 2:41 pm

    apakah garagara ini IHSG bergejolak kemarin

Viewing 1 - 3 of 3 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now