Media Komunitas Perpajakan Indonesia Forums PPh Badan bertanya klo misal wni membuat perusahaan di luar negri

  • bertanya klo misal wni membuat perusahaan di luar negri

     Johnson updated 2 months, 2 weeks ago 2 Members · 2 Posts
  • NCSTalkID ID

    Member
    4 August 2024 at 3:29 pm

    Pak boleh tanya

    Misal ada wni ber npwp membuat perusahaan di luar negri (bentuk perusahaan misal LLC) wni tersebut jadi pemilik perusahaan, dan belum tentu jadi karyawan/ direktur perusahaan yg digaji. Apa perusahaan itu kena kewajiban perpajakan di indonesia juga tiap tahun?

    Mungkin Klo wni ber npwp tersebut klo misal dapat gaji/ dividen, otomatis harus bayar pajak yg udh dikurangi yg udh d bayar di negara lainnya.

    Dan mungkin klo perusahaan itu ada cabang/ berinduk di indo kena juga pajak indonesia dikurangi pajak yg udh d bayar dari cabang2 nya d luar negri.

    Tapi klo perusahaan yang tidak berbisnis, tdk punya cabang dan tdk punya npwp perusahaan di indo apa kena pajak di indonesia jg?

    apakah klo wni membuat perusahaan di luar negri wajib buat npwp di indonesia juga walau tidak berbisnis/bercabang/berinduk di indo?

  • Johnson

    Member
    4 August 2024 at 11:10 pm

    Kembali ke kunci, UU PPh Indonesia menganut asas : Semua penghasilan yang diperoleh dari Bumi Indonesia, dikenai pajak di Indonesia, dan Semua Wajib pajak Indonesia yang memperoleh penghasilan darimana saja juga dikenai pajak di Indonesia.

    Tiap asumsi pertanyaan Anda itu dapat “dimasukan” ke 2 penjelasan berikut :

    Pajak yang dikenakan pada LLC : selama pendapatan LLC tidak berasal dari Bumi Indonesia, maka Indonesia tidak berhak memajaki LLC.

    Pajak yang dikenakan pada Shareholder nya LLC : selama shareholdernya tidak menjadi Wajib Pajak Indonesia (silakan cek ttg syarat SPLN dan SPDN di UU PPh, jangan fokus status WNI atau WNA), maka Indonesia tidak berhak memajaki si Shareholder (berlaku perorangan maupun badan usaha).

Viewing 1 - 2 of 2 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now