Indonesian Tax Regulations Rewind 2021

Tanggal Terbit:31 Desember 2021
Ukuran File:10 MB
Jumlah Halaman:216 Halaman

Sepanjang tahun 2021, kebijakan pajak di Indonesia sangat dinamis mengikuti kondisi sosial ekonomi masyarakat. Kesepakatan global terkait perpajakan juga mendorong pemerintah untuk mengambil berbagai penyesuaian. Sampai dengan booklet ini terbit, terhitung lebih dari 200 peraturan perpajakan telah dikeluarkan. Beberapa di antaranya sempat menjadi perbincangan di kalangan Wajib Pajak serta menjadi trending topic di berbagai media.

Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan membuat pemerintah harus menyesuaikan kebijakan dengan kebutuhan masyarakat. Pada awal tahun 2021, pemerintah memperpanjang pemberian insentif bagi Wajib Pajak terdampak Covid-19 hingga bulan Juni 2021 melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9 Tahun 2021. Melihat kondisi pandemi yang masih berlanjut, pemerintah memperpanjang kembali insentif tersebut hingga akhir tahun 2021 melalui PMK Nomor 82 dan PMK Nomor 83 Tahun 2021. Selain itu, insentif lain untuk mendukung perekonomian juga digelontorkan seperti pembebasan PPnBM untuk barang mewah selain kendaraan serta pemberian insentif PPN Ditanggung Pemerintah untuk pembelian rumah.

Kondisi Pandemi Covid-19 ini juga menjadi momentum pemerintah dalam mempercepat proses reformasi perpajakan untuk menata ulang sistem perpajakan Indonesia. Pengesahan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan di Tahun 2021 menjadi fondasi awal reformasi bagi sistem perpajakan di Indonesia. Perubahan seperti penggunaan NIK menjadi NPWP, lapisan tarif PPh Orang Pribadi, pemajakan natura, perubahan tarif PPN, penagihan pajak global, pengaturan Mutual Agreement Procedure, pengaturan ketentuan transfer pricing, hingga Program Pengungkapan Sukarela menjadi topik bahasan hangat hingga saat ini.

Selain peraturan di atas, Redaksi Ortax juga merangkum peraturan terkait perpajakan lainnya dalam booklet ini. Booklet: “Indonesian Tax Regulations Rewind 2021” ini berisi 14 peraturan perpajakan pilihan Redaksi Ortax yang terbit selama tahun 2021. Booklet ini disusun oleh tim Redaksi Ortax secara eksklusif dan sistematis yang ditujukan sebagai informasi bagi pembaca sekaligus mempermudah pembaca dalam memahami peraturan terkait perpajakan.

Semoga Bermanfaat 

Salam, Ortax

Telah di download sebanyak : 422 Kali