Ortax Forums PPh Badan pengajuan permohonan PP 74 Reply-75155

  • gunawan1312

    Member
    23 June 2018 at 1:07 pm

    rekan – rekan ortax. saya mau meminta pendapat rekan rekan sekalian.
    usaha saya termasuk UMKM PP 46 1%. Selama ini saya membayar pajak melalui perantara konsultan pajak dikarenakan tidak memahami prosedur perhitungan dan pembayaran pajak.

    Saya menggunakan jasa konsultan pajak selama kurang lebih 2 tahun. Ternyata sekarang konsultan pajaknya kabur dan pada saat saya melakukan pengecekkan di KPP baru baru ini. Ternyata PP 46 final selama setahun (2017) termasuk belum melaporkan SPT 2017, PP 46 tahun 2018 sampai bulan april, dan tax amnesty tidak dibayarkan sama sekali. Jadi saya membuat surat pernyataan untuk mengajukan permohonan pembebasan sanksi PP 74.

    Saya ingin meminta pendapat rekan-rekan ortax
    1. Apakah memungkinkan jika STP yang diterbitkan DJP dikirim ke alamat konsultan pajak saya walaupun dengan surat kuasa? (berhubungan saya tidak pernah menerima STP dari DJP)? Atau adakah kemungkinan jika DJP belum menerbitkan STP?

    2. Apakah langkah yg saya lakukan sejauh ini sudah benar dgn mengajukan PP 74? Atau ada saran dari rekan-rekan ortax utk tambahan atau alternatif lain?

    3. Apakah mungkin utk melunasi pajak terhutang saya kepada pemerintah dgn cara mengangsur pembayaran pajak? Karena pajak yang terhutang cukup besar nominalnya.

    Terima kasih dan mohon bantuannya sehu2.