• ernita situmorang

    Member
    2 February 2015 at 4:57 pm

    [quote=begawan5060]Misalkan fiskus memang menaykan hal tsb, bukankah bisa dijelaskan kita tidak melakukan impor? Dan bukankah semua impor selalu sudah dibayar PPN impornya? Bukankah kalo PPN impor belum dibayar, barang belum bisa keluar dari pabean?
    ada beberapa case customer tidak menggunakan jalur resmi untuk melakukan import ( saya tidak terlalu paham soal masalah import ini , tapi jalur tidak resmi atau yang biasa disebut "borongan" memang tidak dibayarkan PPN nya ) jadi auditor khawatir kalau customer tidak menggunakan jalur resmi maka PPN impor tidak dibayar , bukankah seharusnya jadi masalah si customer ? karena saat terjadi penyerahan barang di inggris , saya mem provide semua document untuk mereka memproses barang tersebut melalui bea cukai ( customs invoice , PL, Do dll) kan ini tandanya kita melakukan proses yang benar , sekiranya customer tidak mengirim secara resmi dan tidak mengikuti jalur resmi , itu kan jadi masalah mereka.