• pajakitumudah

    Member
    12 January 2015 at 1:13 pm

    kl menurut pendapat saya pribadi :

    Merujuk aturan PER – 31/PJ/2012 pasal 17 tentang SAAT TERUTANG PPh PASAL 21 DAN/ATAU PPh PASAL 26 Pasal 21

    (1) PPh Pasal 21 dan/atau PPh Pasal 26 terutang bagi Penerima Penghasilan pada saat dilakukan pembayaran atau pada saat terutangnya penghasilan yang bersangkutan.
    (2) PPh Pasal 21 dan/atau PPh Pasal 26 terutang bagi Pemotong PPh Pasal 21 dan/atau PPh Pasal 26 untuk setiap masa pajak.
    (3) Saat terutang untuk setiap masa pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) adalah akhir bulan dilakukannya pembayaran atau pada akhir bulan terutangnya penghasilan yang bersangkutan.

    jd kalau terhutang di masa itu maka harus dilapor dimasa itu.. -kalau terjadi KB pada akumulasi 1721 A1 maka harus dicari kesalahan hitungnya dimasa apa kemudian dilakukan pembetulan pada masa tersebut, bukan kekurangannya di jumlahkan di desember.

    kalo yg kekurangan dibayarkan di desember itu menurut saya itu form yg lama (berkahir des 2013 ) sedangkan form yg baru ini murni memamg laporan per masa .. —->> konsekuensinya jika salah kurang bayar pada suatu masa, dia harus mebetulkan dan mebyara kekurangannya , dan bisa terbit sanksi 2% x kurang bayar CMIIW