Ortax Forums PPN dan PPnBM Rekanan non PKP Reply-50776

  • diansetiawan

    Member
    9 September 2014 at 11:22 am
    Originaly posted by susai:

    rekan diansetiawan PT A(PKP) sering melakukan bantahan atas surat himbauan dari KPP tersebut dengan melampirkan bukti bayar PPN kepada lawan transaksi, akan tetapi KPP tetap berpendapat PT A harus melakukan pembatalan kredit pajak dengan alasan karena silawan transaksi merupakan non PKP, sedangkan info non PKP ini sendiri didapatkan PT A 1-2 th kedepan dari setelah transaksi dilaksanakan,

    Kalau penjual adalah non PKP sejak sebelum transaksi, maka faktur pajak yang diterbitkan adalah tidak sah meskipun berdasarkan transaksi yang sebenarnya. Faktur pajak yang diterbitkan juga tidak dapat dikreditkan oleh pembeli. Penjual kena ketentuan Pasal 14 UU PPN dan Pasal 39A huruf b UU KUP.

    Tetapi kalau pencabutan PKP dilakukan beberapa waktu setelah transaksi, faktur pajak yang diterbitkan sebelum TMT (Terhitung Mulai Tanggal) pencabutan adalah sah sepanjang berdasarkan transaksi yang sebenarnya. Faktur pajak yang diterbitkan setelah TMT pencabutan adalah tidak sah meskipun berdasarkan transaksi yang sebenarnya.