Ortax Forums PPN dan PPnBM Tanggal faktur pajak Reply-48208

  • H36UN

    Member
    3 April 2014 at 10:12 am
    Originaly posted by hangsengnikkei:

    ikuti aturan pajak. pajak memperbolehkan membuat fp paling lambat sama dgn tgl invoice

    PP 1 -2012 (Pasal 17 ayat 3 huruf a No. 4)
    harga atas penyerahan Barang Kena Pajak diakui sebagai piutang atau penghasilan, atau pada saat diterbitkan faktur penjualan oleh Pengusaha Kena Pajak, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dan diterapkan secara konsisten.

    Penjelasan PP 1 -2012 (Pasal 17 ayat 3 huruf a)
    Saat penyerahan barang sebagaimana dimaksud pada huruf a dan huruf b, tercermin dalam prinsip akuntansi yang berlaku umum dalam bentuk pengakuan sebagai piutang atau penghasilan dengan penerbitan faktur penjualan sebagai sumber dokumennya. Dalam kegiatan usaha, saat pengakuan piutang atau penghasilan atau saat penerbitan faktur penjualan dapat terjadi tidak bersamaan dengan saat penyerahan barang secara fisik sebagaimana dimaksud pada huruf a dan huruf b. Oleh karena itu, dalam rangka memberikan kemudahan administrasi terkait dengan saat penerbitan Faktur Pajak, saat penerbitan faktur penjualan ditetapkan sebagai saat penyerahan barang yang menjadi dasar saat terutangnya Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Termasuk dalam pengertian faktur penjualan adalah dokumen lain yang berfungsi sama dengan faktur penjualan.

    kalau diperhatikan dari penjelasan di atas "Prinsip akuntansi berlaku UMUM", setahu saya di dalam akuntansi itu syarat penjualan ada FOB shipping point, FOB Destination Point dan CIF. jadi jika barang keluar di bulan januari… tetapi baru diterbitkan invoice di bulan maret, sepertinya tidak memenuhi 3 syarat penjualan tersebut. (dengan asumsi ini adalah penjualan lokal)

    jadi kalau menurut saya itu tidak benar. itu sih menurut pemikiran saya.. mungkin ada tanggapan dari rekan-rekan lain..