Ortax Forums PPh Badan PP 46 Lagi…. Reply-47776

  • hanif

    Member
    15 March 2014 at 9:22 pm
    Originaly posted by priadiar4:

    Mau tanya pak hanif, apa dasarnya pak hanif bilang
    Originaly posted by hanif:
    Direktur ini tidak memiliki usaha
    padahal
    Originaly posted by hanif:
    Memiliki sebuah mobil pribadi yang disewa oleh PT

    saya baru menemukan ketentuan tentang hal ini rekan pri…
    UU No. 36 Tahun 2008
    Pasal 4
    Ayat (1)
    Undang-Undang ini menganut prinsip pemajakan atas penghasilan dalam pengertian yang luas, yaitu bahwa pajak dikenakan atas setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak dari manapun asalnya yang dapat dipergunakan untuk konsumsi atau menambah kekayaan Wajib Pajak tersebut.
    Pengertian penghasilan dalam Undang-Undang ini tidak memperhatikan adanya penghasilan dari sumber tertentu, tetapi pada adanya tambahan kemampuan ekonomis.
    Tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak merupakan ukuran terbaik mengenai kemampuan Wajib Pajak tersebut untuk ikut bersama-sama memikul biaya yang diperlukan pemerintah untuk kegiatan rutin dan pembangunan.
    Dilihat dari mengalirnya tambahan kemampuan ekonomis kepada Wajib Pajak, penghasilan dapat dikelompokkan menjadi:
    i. penghasilan dari pekerjaan dalam hubungan kerja dan pekerjaan bebas seperti gaji, honorarium, penghasilan dari praktek dokter, notaris, aktuaris, akuntan, pengacara, dan sebagainya;
    ii. penghasilan dari usaha dan kegiatan;
    iii. penghasilan dari modal, yang berupa harta gerak ataupun harta tak gerak, seperti bunga, dividen, royalti, sewa, dan keuntungan penjualan harta atau hak yang tidak dipergunakan untuk usaha; dan
    iv. penghasilan lain-lain, seperti pembebasan utang dan hadiah.

    atas dasar ketentuan diatas, penghasilan dari sewa mobil tidak selalu harus dikategorikan sebagai penghasilan dari usaha.

    Atas dasar penjelasan pasal tersebut bisa diketahui mengapa penghasilan dari sewa masuk dalam form 1770 S. Alasannya adalah karena penghasilan tersebut dapat dikategorikan sebagai penghasilan dari modal.

    Akan berbeda halnya bila penyewaan mobil tersebut dibuat sebagai sebuah usaha.

    Salam