Ortax Forums PPh Badan PP 46 Lagi…. Reply-47776

  • hanif

    Member
    15 March 2014 at 11:48 am
    Originaly posted by priadiar4:

    Misal WP ini usahanya cukup besar ternyata (usaha jasa rental mobil) dia tetap pakai 1770 S atau 1770 ??

    karena rekan pri menggunakan asumsi bahwa aktivitas penyewaan ini adalah usaha WP, baik usaha itu kecil atau besar mau tidak mau harus menggunakan form 1770. Karena hanya itu form yang bisa digunakan.
    Mungkin persepsi defenisi kata "usaha" ini yang perlu kita samakan dulu. Kalau tidak, diskusi yang kita lakukan tidak akan menemukan titik temu.

    Saya tidak menggunakan istilah usaha untuk penyewaan mobil yang dilakukan oleh WP ini dengan alasan, ia hanya punya 1 mobil, hanya punya 1 penyewa dan merupakan aktivitas sampingan sebagai direktur. Dengan demikian, ia tidak perlu harus mencatat atau membukukan penerimaan dan pengeluaran daripenyewaan mobil tersebut seperti untuk biaya perbaikan, pemeliharaan dan bahkan untuk penyusutan. Makanya, ia cukup menggunakan form 1770 S.
    Akan berbeda halnya bila aktivitas tersebut digolongkan sebagai usaha yang harus dimanage agar jangan sampai tekor atau gulung tikar. karenanya ia harus mengalokasikan sumber daya khusus untuk mengelolanya. Media pelaporan pajak yang harus digunakan untuk mengakomodir semua itu, biar usahanya besar atau kecil, hanya form 1770.

    O ya, kalau boleh saya bertanya, bila penghasilan dari sewa ini senantiasa berasal dari usaha, mengapa ditempatkan pada form 1770 S.

    Salam