Ortax Forums PPh Badan PP 46/2013 Reply-42696

  • rianticr7

    Member
    31 July 2013 at 3:36 pm

    Menurut saya PP ini sangat tergesa-gesa dan sangat membuat khawatir sebagian pihak, karena tidak semua perusahaan yang sudah memiliki sistem pembukuan yang baik, sudah menghasilkan Laba, mungkin saja mengalami kerugian.
    Memang di satu sisi ini semakin baik, karena perhitungan pajak semakin mudah, akan tetapi ada satu sisi dimana peraturan lain belum mendukung peraturan ini. sebagai contoh :
    Apabila Perusahaan "A" adalah sebuah bengkel reparasi yang mana Omset pada bulan Juli adalah Rp. 200.000.000,-, dan pada bulan juli tersebut PT. A mendapatkan potongan Akumulasi PPh Pasal 23 sebesar Rp. 1.000.000 (omset sebesar Rp. 50 Juta merupakan objek potong pph ps. 23 PT. B dan PT. C)., atas jasa reparasi, dan akan seperti ini terus selama Tahun 2013 dan selanjutnya
    dengan begini akan mengalami kelebihan pembayaran Pada Akhir 2013 ini karena adanya kredit-kredit pajak.
    Kebingungan pun semakin melanda karena ketidak pastian akan perlakuan kredit-kredit pajak ini.
    a) Apakah nanti akan muncul peraturan yang mengatakan bahwa tidak ada lagi yang namanya kredit pajak bagi penghasilan dibawah 4.8 M?
    b) Apakah kita harus mengurus Surat Keterangan Bebas (SKB) agar tidak adanya kelebihan pembayaran??? yang mana ini berdampak akan terjadi pemeriksaan

    Jujur hal ini sangat memusingkan, mohon petunjuk apa yang harus di lakukan dengan situasi yang sangat penuh kebingungan ini.