Ortax Forums PPh Badan laporan audit Reply-42253

  • wannabewongkpp

    Member
    11 July 2013 at 2:06 pm

    menurut saya (kita kesampingkan dulu aturan pajak) :
    LK itu hanya ada 1.
    klo LK itu audited, itulah LK-nya.
    apakah LK sblm audited masih dianggap sbg LK oleh rekan2 ? (pdhl udah byr mahal2 utk KAP-nya, masak LK sblm audited masih digadang2.

    gmn pendapat rekan2 lain.

    kita pake aturan pajaknya :
    pasal 4 ayat 4 ,
    Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasiian Wajib Pajak yang wajib menyelenggarakan pembukuan harus dilampiri dengan laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi serta keterangan lain yang diperlukan untuk menghitung besarnya Penghasiian Kena Pajak.

    menurut saya,
    1. WP OP dgn peredaran usaha > 4,8M wajib melampirkan LK
    2. WP Badan wajib melampirkan LK.

    Pasal 4 ayat 4a, Laporan Keuangan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) adalah laporan keuangan dari masing-masing Wajib Pajak.
    menurut saya, LK yang dilampirkan dalam SPT itu bukan LK yang dikonsolidasi.

    Pasal 4 ayat 4b, Dalam hal laporan keuangan sebagaimana dimaksud pada ayat (4a) diaudit oleh Akuntan Publik tetapi tidak dilampirkan pada Surat Pemberitahuan, Surat Pemberitahuan dianggap tidak lengkap dan tidak Jelas, sehingga Surat Pemberitahuan dianggap tidak disampaikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (7) huruf b.

    menurut saya, LK Audit wajib dilampirkan dalam hal laporan keuangan sebagaimana dimaksud pada ayat (4a) diaudit oleh Akuntan Publik. kalau laporan keuangan sebagaimana dimaksud pada ayat (4a) tidak diaudit oleh Akuntan Publik, LK non Audit yang dilampirkan.