• chindras

    Member
    28 January 2013 at 9:39 am

    Permisi rekan-2 semua
    saya baru bergabung dan awam mengenai pajak
    mau tanya beberapa hal sama teman disini :
    kantor saya sudah berjalan hampir 1 tahun tetapi semua pencatatan / pembukuan baru dilakukan sejak jan tahun ini, sedangkan yg lama2 biaya2 / penjualan dan termasuk gaji karyawan (tidak dipotong pajak) dibayar langsung dari perusahaan kami di luar negeri (dengan cara mentransfer ke direktur operasional sejumlah uang untuk keperluan operasional)

    Nah sejak saya bergabunng kantor pusat memutuskan semua biaya yang terjadi sebelum tahun 2013 adalah ditanggung oleh kantor kami diluar negeri
    Pertanyaan saya :
    1) apakah bisa seperti itu saya abaikan saja biaya yang lama-2 dan
    memulai yang baru sejak 2013 (bagaimana menurut teman-2 solusi terbaiknya)

    2) Bagaimana dng gaji karyawan yg dibayar sebelum tahun 2013 tanpa pemotongan pajak (karyawan baru berjumlah kurang dari 10 orang) ?

    3) jika di dalam akta notaris tertulis setoran modal = xxxx tetapi sampai sekarang belum ada setoran modal yang masuk sesuai dng akta notaris
    uang yg diterima sekarang diterima diakui sebagai hutang terhadap perusahaan kami diluar negeri (apa dampak perpajakannya ?)

    Mohon bantuannya, terimakasih sebelumnya