• kxtg2431

    Member
    24 December 2012 at 9:35 pm

    kalo nanti terjadi transaksi, sekitaran januari 2013 saya akan dapat komisi hasil jual properti co-broker dengan tim orang-orang Singapura. secara kasar, struktur para pemain dalam transaksi ini adalah sebagai berikut:

    Sisi pemilik properti (WNI) yang hendak menjual propertinya diwakili oleh:
    1. Mr. A (WNI) –> kuasa jual yg langsung ditunjuk oleh pemilik properti
    2. Mr. B (WNI) –> kenalan Mr. A
    3. Mr. C (WNI) –> kenalan Mr. B. berhubungan dengan Mr. A melalui Mr. B

    Sisi pembeli properti (WNI) diwakili oleh :
    1. Saya (WNI) –> kenal langsung dengan pembeli
    3. Team Broker (Singaporeans) –> salah satu anggotanya adalah kenalan Mr. C dan salah satu anggota yang lain adalah kenalan saya.

    Komisi total yang dibayarkan oleh pemilik properti bernilai Rp 3M. broker yang mewakili owner properti (semuanya WNI) mendapat jatah Rp 1.5M dan sisanya Rp 1.5M juga untuk broker yang mewakili buyer (saya WNI dan team Singaporeans). pertanyaan saya, yang menjadi bagian saya hanya sekiar Rp 236.750.000 dari Rp 1.5M bagian sisi buyer tersebut. jadi prosedurnya adalah si owner akan mentransfer komisi ke rekening di Singapura milik tim Singapura, selanjutnya tim Singapura akan mentransfer bagian saya ke rekening BCA lokal saya. yang jadi pertanyaan,
    1. saya cukup melaporkan bagian saya saja yang Rp 236 jutaan itu kan? saya gak perlu ngurusin bagian yang tim Singapura. Toh, yang saya dapatkan memang hanya segitu.
    2. apakah pihak pemberi komisi (dalam hal ini si owner properti) harus melakukan prosedur khusus / tambahan saat melakukan transfer komisi Rp 1.5M ke Singapura? soalnya kalo saya gak salah, ini bisa diperhitungkan sebagai beban / biaya untuk mengurangi pajak yang harus dibayarkan si owner properti dari hasil penjualan propertinya.
    3. apakah ada prosedur tambahan sama sekali untuk kasus ini?
    4. saya sempat cari-cari tahu, dan menurut link ini:

    http://www.ilmusipil.com/pajak-menggunakan-jasa-ko nsultan-asing-jarak-jauh

    hanya perlu membayar PPN 10%. apa benar begitu?
    5. dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan si pemilik properti saat ingin mengklaim komisi untk mengurangi jumlah pajak yang harus dia bayar?

    Terima kasih.