• bayem

    Member
    14 May 2009 at 7:47 am
    Originaly posted by aji_21:

    Memang betul rekan bayem, untuk tenaga ahli yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Independent) dikenakan pemotongan PPh Pasal 21. Tapi dalam konteks ini, Notaris tersebut mempekerjakan org lain. Dengan demikian menurut pendapat saya Notaris tersebut tidak lagi Independent sehingga saya mempergunakan PER 15/PJ/2006 Pasal 5 (4) yakni dikenakan PPh Pasal 23.

    kalo dalam konteks pemberi jasa, saya sependapat dengan rekan aji. tapi kalo yang dibicarakan tenaga ahli, saya masih kurang setuju.
    anggap saja notaris, walaupun mempekerjakan orang lain, tapi tetap dia adalah tenaga ahli yang melakukan pekerjaan bebas sesuai dengan pasal 9 ayat 7 per 159/pj/2006. pekerjaan bebas disini diperuntukkan bagi orang pribadi, bukan bagi badan usaha. badan usaha disini menurut saya, bukan OP yang mempekerjakan orang lain, tetapi badan usaha yang telah disahkan dalam akta pendiriannya, entah itu berbentuk fa,CV, PT. jadi sepertinya OP tidak dapat dipandang sebagai bentuk badan dan dipotong pph ps 23, bila belum memiliki kekuatan hukum untuk disahkan sebagai badan usaha.

    mohon pendapatnya..
    regards