• begawan5060

    Member
    11 November 2011 at 4:06 pm
    Originaly posted by nanisumarni:

    dibayarkannya penghasilan; ==> saat kita melakukan pembayaran ke si vendor, contoh pembayaran tgl 10, maka bukti potong tgl 10 ?

    Benar…

    Originaly posted by nanisumarni:

    disediakan untuk dibayarkannya penghasilan; ==> pada saat kita persiapkan pembayaran ?? misal : persiapan tgl 4, pembayaran tgl 10, maka bukti potong tgl 4 ??

    Ini menyangkut pemotongan dividen…
    Yang dimaksud dengan "saat disediakan untuk dibayarkan":
    a. untuk perusahaan yang tidak go public, adalah saat dibukukan sebagai utang dividen yang akan dibayarkan, yaitu pada saat pembagian dividen diumumkan atau ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan. Demikian pula apabila perusahaan yang bersangkutan dalam tahun berjalan membagikan dividen sementara (dividen interim), maka Pajak Penghasilan Pasal 23 Undang-Undang Pajak Penghasilan terutang pada saat diumumkan atau ditentukan dalam Rapat Direksi atau pemegang saham sesuai dengan Anggaran Dasar perseroan yang bersangkutan.
    b. untuk perusahaan yang go public, adalah pada tanggal penentuan kepemilikan pemegang saham yang berhak atas dividen (recording date). Dengan perkataan lain pemotongan Pajak Penghasilan atas dividen sebagaimana diatur dalam Pasal 23 Undang-Undang Pajak Penghasilan baru dapat dilakukan setelah para pemegang saham yang berhak "menerima atau memperoleh" dividen tersebut diketahui, meskipun dividen tersebut belum diterima secara tunai.

    Originaly posted by nanisumarni:

    . jatuh temponya pembayaran penghasilan yang bersangkutan ==> yg ini sy lebih bingung ..bukankah sudah pasti saat dibayarkan penghasilan adalah saat jatuh temponya pembayaran penghasilan ybs ?

    Benar…

    Originaly posted by nanisumarni:

    apakah ini maksudnya untuk pembayaran tlh jatuh tempo tapi blm bisa terbayar ? misal jatuh tempo tgl 10, tapi baru bisa terbayar tgl 20, maka bukti potong tgl 10 ?

    Benar…