• FSormin

    Member
    8 July 2010 at 4:36 pm
    Originaly posted by hanif:

    Saat barang dibawa keluar perusahaan untuk diantar ke pembeli tentunya invoice harus dibuat pada saat barang tersebut dikeluarkan.
    Tidak mungkin ada barang dibawa keluar perusahaan tanpa dibuatkan invoicenya.

    Bung Hanif….
    Dalam kenyataan dilapangan dan realisasi dilapangan, tidak selamanya barang di keluarkan dengan Surat Jalan langsung diterbitkan Invoice dan Faktur Pajak. Ada beberapa perusahaan yang melakukan hal tersebut jika pembeli mungkin adalah Pembeli Baru, Namun kalau Pembeli adalah Pembeli Lama, maka biasanya Surat Jalan akan sama-sama dibawah bersama BKP sedangkan TAGIHAN/INVOICE akan dibuat setelah BKP diterima oleh sipembeli dengan menunjukkan Tanda Terima Barang. Sehingga Invoice sangat bisa baru bisa diterbitkan setelah BKP diterima.

    Karena kalau Invoice dibuat saat BKP dan Surat Jalan dikirim maka, kemungkinan adanya revisi Invoice dan Faktur Pajak sangat besar kemungkinan akibat BKP rusak/Hilang di Jalan.
    Pertimbangan dari segi penerbitan dalam hal ini yaitu BKP dikirim Tgl 4 Mei 2010, Surat Jalan dibuat Tgl 3 Mei 2010 dan diterima barang tgl 23 Mei 2010 adalah kenyataan dilapangan yang buat kita mungkin sering terjadi dilapangan, dan itu adalah kenyataan Bung Hanif…
    Kalau u/ calon pembeli baru sih.. saya setuju dengan pengiriman BKP harus dilampirkan Surat Jalan, Tagihan dan Faktur Pajak….

    itu sih menurut pendapatku bung hanif he.aha.a.