• nyonik

    Member
    30 March 2010 at 9:39 am

    tetap bisa, tidak ada masalah penjualan kpd pembeli yg belum memiliki NPWP ataupun belum PKP. toh tidak ada sangsinya
    UU No.28 KUP Pasal 14 Ayat 1 Huruf e
    pengusaha yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak yang tidak mengisi faktur pajak secara lengkap sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (5) Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai 1984 dan perubahannya, selain:
    identitas pembeli sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (5) huruf b Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai 1984 dan perubahannya; atau
    identitas pembeli serta nama dan tandatangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (5) huruf b dan huruf g Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai 1984 dan perubahannya, dalam hal penyerahan dilakukan oleh Pengusaha Kena Pajak pedagang eceran;

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk jawaban yang telah Bpk berikan. Pertanyaan saya lebih lanjut, UU No. 28 diatas pada induk kalimatnya menyebutkan bahwa " DJP dapat menerbitkan Surat Tagihan Pajak apabila "
    dari kalimat tersebut apakah berarti saya sbg penjual yang sudah PKP akan diberi Surat Tagihan Pajak? Apakah Surat Tagihan Pajak itu merupakan "sanksi" atas kesalahan atas faktur yang telah kita buat ?
    Terima kasih