Ortax Forums PPh Badan SSE Bulanan untuk UMKM Reply To: SSE Bulanan untuk UMKM

  • Johnson

    Member
    2 April 2022 at 7:02 pm

    saat CV baru dibentuk dan didaftarkan ke KPP, secara otomatis dianggap pakai PPH Final UMKM. Walau otomatis, penting untuk memiliki Suket PPH Final UMKM PP23/2018 ( saya tidak tahu mekanisme cara dapat), sebab saya sebagai pemotong hanya akan potong PPh Final 0,5% apabila dibuktikan Suket PP23/2018. Jika tidak ada maka dipotong sesuai ketentuan PPh lainnya. Artinya walau secara otomatis dianggap tetap perlu dapatkan Suket PPh Final UMKM PP23/2018 sebagai bukti sah.

    Nah soal Tarif Umum pasal 17, memang di peraturan jelas di sebutkan, WP Badan yang baru dibentuk, dapat memilih untuk dikenai PPh Tarif Pasal 17 , meskipun tadi disebut saat terdaftar otomatis dianggap ikut PPh Final UMKM. Ketika WP sudah memilih menjalankan PPh Tarif Pasal 17, sudah tidak dapat kembali ke PPh Final UMKM, meskipun WP Badan CV tadi belum 4 tahun berdiri. WP yang memilih dikenakan PPH Tarif Pasal 17, perlu memberitahukan ke KPP.

    Rekan bisa coba di DJPOnline, untuk cek dan peroleh Suket PPh Final UMKM, jika bisa diperoleh, rekan anggap saja bahwa secara sistem DJP CV rekan masih menerapkan PPH Final UMKM, dan lakukan pembetulan SPT Tahunan 2021, mengubah omset nya dari bagian Penghasilan Tidak kena PPh Final, ke bagian Penghasilan Dikenai PPh Final.