Ortax Forums Program Pengungkapan Sukarela (PPS) Harta lupa lapor tapi mau ikut PPS…gimana ya enaknya ? Reply To: Harta lupa lapor tapi mau ikut PPS…gimana ya enaknya ?

  • Nurul Shadrina Hetty Maulida

    Member
    23 March 2022 at 11:20 pm

    saya juga mengalami hal yang sama rekan…Saya baru di bidang pajak, diminta atasan untuk mengerjakan pajak CV dan Pajak pribadi atasan saya selaku pemilik CV. Dimana dari tahun 2017 – 2019 saya lapor OP Dirut menggunakan SPT Manual karena nihil dan tidak ada kegiatan menggunakan NPWP CV, 2019 lapor SPT Tahunan OP belum di masukkan sejumlah saham yg tertera di SIUP sejumlah 600 jt ( yg sebenarnya uangnya tidak ada sejumlah itu hanya sebatas kebutuhan administrasi, th 2020 ada penmbhan bid usaha dan PKP diakta tidak ada perubahan modal, jd th 2020 tetap SPT OP tidak dimasukan sahamnya, 2021 saya masukkan Dir mendapatkan penghasilan dr CV yaitu pph 21 karyawan dan masih belom dimasukkan sahamnya ( Karena saya benar benar tidak mendapatkan asistensi dalam pengisian tsb dr org pajak) , Setelah sya pelajari, saya baru tau kalau modal CV harusnya di laporkan di Harta pada SPT Tahunan pemilik CV dan prive di laporkan Pada SPT 1770 III bagian B.
    Tapi dari CV Berdiri tahun 2017 dan mulai beroperasi akhir tahun 2020 sampai dengan spt tahun 2021 tidak pernah mencantumkan modal cv maupun pengambilan prive pada spt tahunan pemilik CV. Pertanyaannya untuk modal cv dan prive yg tidak pernah di laporkan apakah perlu di ikut PPS 2022 atau bisa dengan pembetulan SPT dari tahun 2017 sampai 2021? dan apakah modal di CV untuk di neraca SPT tahunan yaitu Laporan Keuangan bisa berubah2 mengikuti transaksi CV itu sndiri? mohon saran dan pencerahannya rekan..saya benar2 bingung , jika mengikuti PPS masa Bos saya harus bayar 84 juta? sadis