Ortax Forums Perpajakan Internasional PROFIT RECEIVED FROM INDONESIA WILL NOT SUBJECT TO TAX AGAIN IN JAPAN Reply To: PROFIT RECEIVED FROM INDONESIA WILL NOT SUBJECT TO TAX AGAIN IN JAPAN

  • Johnson

    Member
    10 March 2022 at 12:40 am

    Saya belum baca Tax Treaty Japan Indo, tetapi setahu aku konsep umum, Laba Usaha / Profit yang di terima Pengusaha Jepang , yang tidak dianggap memliki BUT di Indonesia, maka hak pemajakan ada di Jepang. Sehingga benar Pengusaha Indonesia tidak melakukan pemotongan PPh26 atas Laba Usaha tsb.

    Syarat dokumen, Minta Certificate of Domicile Pengusaha Jepang, (harus diisi dengan benar), kemudian sodorkan Form DGT (silahkan download dari pajak.go.id) untuk diisi dan dittd oleh Pengusaha Jepang. Setelah diperoleh 2 dok tersebut. upload ke DJPOnline, via e-SKD.

    Kemudian, setiap Pembayaran ke Pengusaha Jepang, pengusaha Indonesia wajib membuat Bukti Potong PPh26 dengan DPP sesuai nilai transaksi sebenarnya (tapi pph nya tetap nol), kemudian pilih Fasilitas SKD cantumkan nomor receipt SKD yang diperoleh tadi saat upload e-SKD. Kemudian laporlah SPT Masa PPh26 tsb.