Ortax Forums Perpajakan Internasional PPh untuk WNI di Organisasi Internasional Non-PBB yang Berlokasi di Swiss Reply To: PPh untuk WNI di Organisasi Internasional Non-PBB yang Berlokasi di Swiss

  • Johnson

    Member
    31 December 2021 at 11:35 pm

    baik, berarti sekarang saya asumsi rekan dianggap sebagai Subjek Pajak Dalam Negeri (SPDN) yang mempunyai penghasilan dari luar negeri.

    Sepanjang yang saya ketahui, bagi SPDN, cara menghitung pajak penghasilan adalah seluruh penghasilan dari dalam negeri + luar negeri dikurangi PTKP (jika lajang sebesar 54 juta setahun) kemudian dikali tarif pajak pasal 17, kemudian didapati pajak terutang. Dari pajak terutang tsb dikreditkan (atau dikurangi) pajak yang sudah di bayarkan di luar negeri.

    Jadi setahu saya sesuai peraturan, penghasilan dari Swiss seharusnya dilaporkan sepenuhnya di SPT Tahunan, bukan hanya sisa netto seperti yang disarankan orang kantor pajak.

    Jika rekan hanya melaporkan sisa neto penghasilan dari Swiss , menurut saya kira itu menyalahi. Tetapi keputusan ada di tangan rekan. Mungkin saja rekan akan baik-baik saja jika hanya melaporkan sisa neto. Demikian sepengetahuan saya.

    Jika rekan di tahun depan masih akan bekerja di Swiss, ada baiknya rekan mendaftarkan diri sbg SPLN agar tidak dikenai pajak di Indonesia. Tarif pajak Indonesia didesain utk penghasilan selevel Indonesia.