Ortax Forums Perpajakan Internasional PPh untuk WNI di Organisasi Internasional Non-PBB yang Berlokasi di Swiss Reply To: PPh untuk WNI di Organisasi Internasional Non-PBB yang Berlokasi di Swiss

  • Night Fury

    Member
    31 December 2021 at 11:09 pm

    Makasih, om penjelasannya. Saya situasinya bekerja di Swiss kurang lebih 11 bulan secara terus menerus. Secara teknis, penghasilan saya 2021 berasal dari pekerjaan saya di Swiss.

    Mengenai repatriasi, itu hanya istilah saya saja. Istilah yang dipakai AR sebenernya ‘penghasilan neto luar negeri’. Pengertian yang saya tangkap dari istilah tersebut adalah nilai penghasilan yang akan dibawa pulang ke Indonesia setelah dipotong berbagai biaya di luar negeri terkait penghasilan tersebut. Contoh yang diberikan misalnya seseorang punya properti di luar negeri dan disewakan dengan nilai 10,000 per tahun. Kemudian ada biaya maintenance, listrik, dll 3,000 per tahun. Jadi penghasilan neto yang didapat dari sewa tersebut adalah 7,000 per tahun. Pengertian yang saya dapat, penghasilan neto 7,000 tahun inilah yang akan dikenai PPH di Indonesia sebagai penghasilan neto luar negeri. Saya pakai istilah repatriasi karena pemahaman saya uangnya dibawa pulang ke Indonesia Hehe.

    Saya secara pribadi merasa agak sulit memenuhi persyaratan untuk menjadi SPLN, dan juga saya berada di luar program pengungkapan sukarela karena penghasilannya saya peroleh di 2021.

    Terima kasih banyak om diskusi dan masukannya. Apabila ada pencerahan lebih lanjut, sangat dihargai.