Ortax Forums Perpajakan Internasional PPh untuk WNI di Organisasi Internasional Non-PBB yang Berlokasi di Swiss Reply To: PPh untuk WNI di Organisasi Internasional Non-PBB yang Berlokasi di Swiss

  • Night Fury

    Member
    31 December 2021 at 10:17 pm

    Betul, om. Saya sudah baca aturannya sekilas termasuk mengenai syarat ke 5 yaitu syarat lainnya yang dijelaskan bahwa itu adalah persetujuan dari Dirjen pajak melalui kepala kpp tempat saya terdaftar.

    Ada beberapa point juga yang saya kurang jelas, misalnya apa yang dimaksud dengan tinggal di luar Indonesia secara permanen. Apakah ini berarti saya tidak kembali ke Indonesia atau hanya tinggal lebih dari 183 hari dalam 12 bulan.

    Menurut saya, mengurus hal ini ke kantor pajak seperti pedang bermata dua. Bisa jadi disetujui dan saya tidak perlu bayar PPH sama sekali, atau malah bisa jadi saya diwajibkan bayar PPH yang lumayan besar dan langsung dipantau Hehe.

    Ada juga orang dari kantor pajak yang menjelaskan kalau saya hanya perlu melaporkan di spt saya jumlah penghasilan yang saya ‘repatriasi’ atau bawa kembali ke Indonesia. Jadi nilai ini sudah dipotong biaya hidup dll selama saya bekerja di sana. Menurut saya ini terasa lebih fair dan reasonable. Tapi saya akan pikir2 lagi bagaimana langkah selanjutnya. Kalau ada masukan lagi, sangat diapresiasi om.