Ortax Forums PPh Badan Jasa mengikuti pameran Reply To: Jasa mengikuti pameran

  • Johnson

    Member
    18 December 2021 at 8:00 pm

    Rekan dapat berpegang pada ketentuan Pasal 15 ayat 3, PP 94 tahun 2010, yang mengatur saat pemotongan PPh pasal 23. dimana diatur saat pemotongan adalah di akhir bulan : a. saat dibayarkan penghasilan b. saat disediakan untuk dibayarkan penghasilan atau c.saaat jatuh temponya pembayaran penghasilan, dimana yang terjadi terlebih dahulu. (silahkan baca penjelasan di PP 94 / 2010 untuk lebih detail perbedaan antara a,b,dan c).

    Untuk kasus rekan, apabila pembayaran dilakukan di awal sebelum jatuh tempo, maka pemotongan dilakukan pada bulan tersebut dengan DPP sejumlah penghasilan dibayarkan (i.e. hanya 50% saat pertama kali).

    Namun rekan perlu menimbang dari sisi pembukuan, apakah seluruh biaya dalam kontrak dibiayakan sekaligus atau tidak. Jika sekaligus dalam 1 bulan, maka saya sarankan rekan memotong sekaligus semua di bulan yang sama dengan pembukuan. Karena fiskus dapat memandang bahwa ketika dibiayakan maka memenuhi kriteria b. disediakan untuk dibayarkan penghasilan (walaupun menurut saya itu tidaklah sepenuhnya benar).

    Rekan juga ada baiknya diskusi dengan Lawan Transaksi, apakah mereka bersedia dipotong sekaligus atau hanya bersedia dipotong 2 kali sesuai termin pembayaran. Demi menghindari konflik.