Ortax Forums PPh Orang Pribadi TATA CARA PENGISIAN SPT UNTUK HARTA YANG A/N ANAK TAPI BELUM PUNYA NPWP Reply To: TATA CARA PENGISIAN SPT UNTUK HARTA YANG A/N ANAK TAPI BELUM PUNYA NPWP

  • Johnson –

    Member
    12 December 2021 at 4:17 pm

    Jika saat pembelian langsung menggunakan NPWP anak dan Sertifikat Rumah menggunakan nama si Anak, maka dari sudut pandang perpajakan, diartikan si Anak punya penghasilan yang cukup untuk membeli Rumah. Akan muncul pertanyaan apabila di SPT Anak ternyata memiliki penghasilan yang terlampau kecil untuk dinilai mampu membeli Rumah. Sehingga dalam hal ini, di SPT Anak sebaiknya dicatat mendapatkan Uang Tunai sbg hibah dari Ortu.

    untuk Hibah bukan objek pajak penghasilan sesuai UU PPh Pasal 4 ayat 3 huruf a. dengan syarat harus hibah harus antara keluarga garis keturunan sedarah 1 derajat. misalnya Kakek ke bapak , bapak ke anak. Kalau Tante ke Sepupu tidak termasuk, Kalau Kakek ke Cucu tidak termasuk.

    Di SPT bagian harta cukup cantumkan keterangan ” Hibah”. setahu saya itu

    Rekan bisa cek ke 245/PMK.03/2008, untuk lebih rinci, soalnya ada pengecualian dalam hibah, semisalnya pemberi dan penerima hibah mempunyai hubungan usaha.