Media Komunitas Perpajakan Indonesia › Forums › Lain-lain › surat klarifikasi dari KPP
saya mendapat surat klarifikasi pembayaran pajak
inti dari srt itu adalah, pajak yg disetor tahun 2008 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2007
penurunan yg cukup signifikan antara pembayaran jan-apr 2008 dan jan-apr 2009apakah cukup jika klarifikasi dijawab hanya dengan surat resmi perusahaan, yg menjelaskan penurunan pembayaran pajak karena omset menurun (krisis terjadi pertengahan 2008)
jan-apr 2009 sangat jauh lebih kecil dibandingkan jan-apr 2008, karena belum pulihnya krisis globaladakah rekan2 mengalami hal yg sama, mohon petunjuknya
Benar…, saya rasa cukup begitu aja.
Mungkin KPP pengin tahu kenapa kok turun.
Silahkan jawab sebagaimana korespondensi biasa.benar yang katakan sdr.begawan, cukup dengan surat resmi perusahaan yang menjelaskan kondisi yang terjadi. saya pernah menerima surat serupa tahun 2008, dan kita jawab dengan korespondensi biasa dan kpp menerimanya.
Jika tidak diklarifikasi cepat2, atau diabaikan, akan keluar Surat Pemeriksaan.
Lebih baik cepat2 diklarifikasi..jangan melewati batas waktu yang ditentukan dalam surat tersebut.
Klo udah diperiksa repot nantinya…
CMIIW aaa….mau share juga nih..
Iya KPP mau tau alasannya knp setoran pajaknya menurun,krn menurut Dirjen Pajak ada indikasi perusahaan atau WP menurunkan Omzet Seolah2 Imbas Krisis pdahal krn penghindaran pajak.
Kantor sya juga dikirim sepert itu dan kami jawab apa adanya karena memang ada penurunan aktivitas.
klo Jujur knp msti mundur….
heheheebisa juga dijawab dengan alasan adanya penurunan tarif (pph 23)
dan kenaikan lapisan, PTKP, By.Jabatan serta penurunan tarif (pph 21)Bisa dijawab dengan korespondensi atau dikonsultasikan lebih dulu dengan AR-nya
- Originaly posted by deka:
Bisa dijawab dengan korespondensi atau dikonsultasikan lebih dulu dengan AR-nya
seperti kata deka, konsultasikan aja dengan AR nya, karna kemungkinan yang kirim tuh surat AR nya..
karna AR pada umumnya selalu memonitor perkembangan pembayaran pajak WP wilayah kerjanya.. kalo bayarnya kurang pasti di tanyain langusng ke WP terima kasih atas pendapatnya
kalau bisa ditambahkan data lain dari bps tentang penurunan industri sejenis spy alasannya sangat kuat
Hari ini juga saya dapat surat serupa dari KPP. Penurunan PPNDN tahun 2011 dan 2012. Adakah yang bisa memberikan contohnya bagaimana pembuatan suratnya.
Terimakasih atas bantuannya.dikemukakan saja apa adanya. AR perlu klarifikasi dari satu sisi, sisi yang lain mereka kroscek..
Trimakasih rekan priadiar4.
Saya bingung membuat suratnya bagaimana. perusahaan cabang kami yang menerima surat klarifikasi tersebut adalah kantor cabang khusus service centre. masalahnya terjadi salah pelaporan PPNDN. seharusnya yg dilaporkan adalah PPN khusus untuk perbaikan barang tidak garansi saja (karena dibayar). yang terjadi malah dilaporkan PPNnya yg tidak garansi maupun yang garansi.
Kalau saya kemukakan apa adanya, pertanyaannya :
1. Bukti surat garansi, tidak lengkap. karna tidak semua customer yg service bawa suratnya. untuk tau atau tidaknya hanya cek fisik saja.
2. Apakah kantor pusatnya akan "dapat" surat juga dari KPP setempat?- Originaly posted by megah:
salah pelaporan PPNDN. seharusnya yg dilaporkan adalah PPN khusus untuk perbaikan barang tidak garansi saja (karena dibayar). yang terjadi malah dilaporkan PPNnya yg tidak garansi maupun yang garansi.
lebih baik dikemukakan ke AR rekan apa adanya apabila ada kekeliruan seperti itu daripada kemudian hari KPP menyadari.
Originaly posted by megah:2. Apakah kantor pusatnya akan "dapat" surat juga dari KPP setempat?
bila ada tembusan iya, namun alangkah baiknya terbuka ke AR.