ortax Forums PPh Pasal 21 Surat Himbauan Dari KPP Atas Realisasi DTP 21

  • Surat Himbauan Dari KPP Atas Realisasi DTP 21

     ares89 updated 1 month, 1 week ago 8 Members · 14 Posts
  • dodidodido

    Member
    12 October 2021 at 4:04 am
  • dodidodido

    Member
    12 October 2021 at 4:04 am

    Ada yg udah dapet surat himbauan dari kpp atas realisasi 21 ?

    Di sini saya ada typo npwp 1 karyawan.
    Atas hal tersebut yang tadinya dia dtp mau ga mau jadi ga dtp karna kesalahan tersebut.

    Ada yang tau sistematis pembetulan di sptnya bagaimana rekan ?
    di spt normalnya kan udah 0 ya antara pph terutang denga 2 id biling non dtp + dtp nya.

    Ini kalau saya tambahin id billingnya lagi 1 atas kesalahan tsb bukanya nanti lebih bayar ? apaa ada yg punya pengalaman kaya gini rekan ?

  • Vanhounten

    Member
    12 October 2021 at 4:42 am
    Originaly posted by dodidodido:

    Di sini saya ada typo npwp 1 karyawan.
    Atas hal tersebut yang tadinya dia dtp mau ga mau jadi ga dtp karna kesalahan tersebut.

    klo ada kesalahan ketik doang, kenapa realisasi pph 21 dtp nya saja yang dibetulkan?

    jadi ga perlu lebih bayar dong.

    Namun klo jika memang tetap harus lakukan penyetoran pajak.

    maka anda tetap perlu memperbaiki laporan PPh 21 dtp anda dengan mengecilkan nilai laporan PPh 21 dtp sesuai dengan nilai yang dikurangi dengan pajak yang anda setorkan.

    kemudian perbaiki SPT PPh 21 anda.

  • dodidodido

    Member
    12 October 2021 at 4:59 am
    Originaly posted by vanhounten:

    klo ada kesalahan ketik doang, kenapa realisasi pph 21 dtp nya saja yang dibetulkan?

    karna ini merupakan surat dari kpp, masa realisasinya itu tahun 2020 rekan. apa bisa realisasi 2020 di betulkan di tahun dan bulan ini ?

    Originaly posted by vanhounten:

    Namun klo jika memang tetap harus lakukan penyetoran pajak.

    maka anda tetap perlu memperbaiki laporan PPh 21 dtp anda dengan mengecilkan nilai laporan PPh 21 dtp sesuai dengan nilai yang dikurangi dengan pajak yang anda setorkan.

    kemudian perbaiki SPT PPh 21 anda.

    dengan kata lain tetap melakukan pembetulan laporan realisasi rekan ?
    sepertinnya tidak bisa rekan, saya sudah coba di djp tadi.

    Kalaupun laporan dtp 21 nya di betulakn dan di kecilkan. id billing dtpnya apa perlu di betulkan juga untuk di create ulang sesuai laporan dtp 21 yg di kecilkan ini ?

  • yap30

    Member
    12 October 2021 at 8:47 am

    Kalo saya dapet surat cinta pajak laporan realisasi dpt pph 21 juga konfirmasi NPWP belum sesuai/penghasilan lebih dari 200jt setahun. Saya tunjukin aja a1nya dari gapoknya aja gak ampe 200jt setahun

  • robiudin

    Member
    13 October 2021 at 6:41 am

    trus gimana rekan balasan dari KPP nya ?
    kasusnya sama

  • robiudin

    Member
    13 October 2021 at 6:42 am
    Originaly posted by yap30:

    setahun

    trus gimana rekan balasan dari KPP nya ?

  • Javier15

    Member
    13 October 2021 at 6:42 am
    Originaly posted by dodidodido:

    karna ini merupakan surat dari kpp, masa realisasinya itu tahun 2020 rekan. apa bisa realisasi 2020 di betulkan di tahun dan bulan ini ?

    Tidak bisa rekan,,,Laporan Realisasi DTP PPh 21 Tahun 2020 dapat dilakukan pembetulan paling lambat akhir Februari 2021 (lewat februari sudah terblok oleh system djp)

  • dodidodido

    Member
    14 October 2021 at 2:54 am
    Originaly posted by yap30:

    Kalo saya dapet surat cinta pajak laporan realisasi dpt pph 21 juga konfirmasi NPWP belum sesuai/penghasilan lebih dari 200jt setahun. Saya tunjukin aja a1nya dari gapoknya aja gak ampe 200jt setahun

    kalau kondisinya lebih dari 200 juta jadi ga dapet DTP semua dong rekan

  • dodidodido

    Member
    14 October 2021 at 2:55 am
    Originaly posted by Javier15:

    Tidak bisa rekan,,,Laporan Realisasi DTP PPh 21 Tahun 2020 dapat dilakukan pembetulan paling lambat akhir Februari 2021 (lewat februari sudah terblok oleh system djp)

    iya, jadinya saya buat id billing non dtp baru. dan id billing dtp sebelumnya di kurangkan nominalnya di lampiran spt 21 tanpa merubah / create id billing dtp baru

  • harind

    Member
    14 October 2021 at 11:42 pm

    dilakukan pembetulan spt nya dengan mengisi ssp yg terbaru

  • ortax.org

    Administrator
    23 October 2021 at 4:18 am

    Rekan, Saya juga ada surat dari kpp untuk case NPWP tidak ditemukan.
    Sudah dicek NPWP benar di ebupot juga muncul dengan nama karyawan tersebut namun ternyata NPWP sudah tidak aktif apa yang harus dilakukan ya? Apakah minta diaktifkan ke kantor pajak? Sedangkan Karyawan tersebut pun sudah keluar di 2020.

    Selain itu kami juga ada kesalahan pelaporan nilai penghasilan di laporan realisasi dimana waktu itu ada pembayaran THR, nilai PPh DTP sudah benar namun nominal penghasilan ada kesalahan input (kami input salary + THR) sesuai penghasilan di SPT PPh 21 sehingga jika dilihat dari laporan realisasi disetahunkan lebih dari 200 juta.

    Apakah semua PPh DTP pada masa tersebut harus dibayarkan dan pembetulan SPT?

  • ares89

    Member
    24 October 2021 at 7:41 pm
    Originaly posted by dodidodido:

    Ada yg udah dapet surat himbauan dari kpp atas realisasi 21 ?

    Di sini saya ada typo npwp 1 karyawan.
    Atas hal tersebut yang tadinya dia dtp mau ga mau jadi ga dtp karna kesalahan tersebut.

    Kasus sama rekan , tapi kok saya langsung di STP ya tanpa
    di beri dulu surat himbauan sebelumnya? kalo sudah stp gini apa bisa
    mengajukan keberatan??

  • ares89

    Member
    24 October 2021 at 7:44 pm
    Originaly posted by 314:

    Selain itu kami juga ada kesalahan pelaporan nilai penghasilan di laporan realisasi dimana waktu itu ada pembayaran THR, nilai PPh DTP sudah benar namun nominal penghasilan ada kesalahan input (kami input salary + THR) sesuai penghasilan di SPT PPh 21 sehingga jika dilihat dari laporan realisasi disetahunkan lebih dari 200 juta.

    kasus sama juga rekan selain typo 1 digit angka pada npwp, saya juga
    salah input penghasilan bruto masih di setahunkan.
    nunggu pencerahan dari para master, hanya saja di saya sudah
    langsung di STP tanpa surat himbauan terlebih dahulu

Viewing 1 - 14 of 14 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now