Ortax Forums Lain-lain Sun Set Policy Tidak Laku

  • Sun Set Policy Tidak Laku

     karmeat updated 13 years, 4 months ago 38 Members · 58 Posts
  • Sony

    Member
    26 August 2008 at 8:39 pm
  • Sony

    Member
    26 August 2008 at 8:39 pm

    Sampai sekarang khabarnya hanya ada beberapa org saja yg ajukan pembetulan SPT Tahunan dalam rangka sun set policy. Kita tunggu aja kerja Tim SunSet Policy yang baru dibentuk oleh DJP.

  • babih

    Member
    27 August 2008 at 6:45 am

    hehehe… kmrn perush sy br dpt himbauan sunset. pas sy konfirm ke temen2 dr perush yg laen tnyata mayoritas dr mereka jg dpt lho. tp mayoritas jg cuek aja tuh. mikirin 2007 nya jadi pusing plus tambah lagi citra kita yg justru bakalan jelek krn ngaku nipu. tapi kayaknya djp makin gencar deh. krn dr 8 perush kenalan sy yg sy konfirm, cuman 1 yg gak (atau belum) dpt himbauan.

  • evan212

    Member
    27 August 2008 at 7:42 am

    kalo bener iklan yg di TV bahwa WP gak bakalan diperiksa kalo manfaatin sunset policy, mending bernerin aja SPT nya walapupun SPT nya udah bener lumayanlah buat tax clearance n saving biaya penyimpanan berkas (bikin aja kurang bayarnya sedikit mungkin)

  • Budianto

    Member
    27 August 2008 at 8:22 am

    tidak diperiksa jika tidak ditemukan bukti-bukti…….jangan salah

  • evan212

    Member
    27 August 2008 at 8:30 am

    gimana kalo kita berpikir yg sebaliknya, bagi yg bikin pembetulan ps 37 A (sunset policy) dianggap DJP sebagai yg telah taat pajak dan tidak diotak atik lagi, terus yg tidak memanfaatkan fasilitas tersebut malah diobok2 setelah lewat batas waktu sunset policy karena merasa sudah benar pajaknya (misalnya DJP merasa tertantang karena sunset policy gagal total). Kalo sudah merasa 100% benar sih gak usah takut (saya sih aman2 aja, khan yg bayarin perusahaan).

  • zhw

    Member
    27 August 2008 at 8:37 am
    Originaly posted by evan212:

    Kalo sudah merasa 100% benar sih gak usah takut (saya sih aman2 aja, khan yg bayarin perusahaan)

    bener banget.. tapi memang seperti itu seharusnya. kalo duit kita untuk negara saya kira ga papa, kalo masih berpikiran disalahgunakan itu prasangka buruk kita saja.

  • Otong

    Member
    27 August 2008 at 11:42 am
  • Husin

    Member
    27 August 2008 at 7:54 pm

    SunSet Policy tidak laku ? ya gitulah , ditempatku juga gak laku …

  • Dasawa

    Member
    28 August 2008 at 7:18 am

    Sunset Policy itu intinya Hak Wajib Pajak bukan Kewajiban Wajib Pajak, jadi kalo gak laku ya sebenarnya DJP juga gak rugi-rugi amat, malah Wajib Pajak nanti yang rugi karena gak memanfaatkan kesempatan.
    Lagipula nanti kalo udah lewat masa sunset policy akan ada sanksi yang lebih berat lho, misalnya perlakukan sanksi bagi orang yang sudah ber-NPWP dengan orang yang tidak ber-NPWP akan diatur lebih jelas di Undang-undang PPh yang akan segera diberlakukan.
    mohon koreksinya…

  • Imuz

    Member
    28 August 2008 at 10:50 am

    Sunset Policy??? Banyak yg ragu2 tuk memanfaatkannya. Byk yang berpikir (termasuk saya), jgn2 setelah dimanfaatkan n kita ketauan salahnya malah kita akan di obok2 lagi. Padahal untuk merevisinya kan memerlukan waktu n kerja otak yang cukup rumit tentunya. So ditempatku jg banyak yang ga manfaatin tuh. Apa nunggu nanti ya akhir tahun.. Kalo memang ada kepastian SP tu bener2 menguntungkan WP, diriku si mau2 aja manfaatin walopun mumet jg..
    Gimana para senior??? Mohon koreksinya jg..

  • iwansiagian

    Member
    28 August 2008 at 12:48 pm

    Sebenarnya WP masih blm mau memanfaatkan kesempatan ini karena blm melihat dampak dendanya dikemudian hari.
    Arah Kebijakan Perpajakan skgr adalah melakukan pembuktian terbalik. Dan ini sudah mulai dilakukan oleh KPP Pluit, dimana mereka canvassing dgn mengambil photo rumah2 di Pluit, dan mecocokkan dgn SPT PPh Tahunan yg dimasukkan 5 tahun terakhir.Misal harga rumah 10 Milyar, SPT PPh yg masuk 5 Tahun ke belakang akumulasi penghasilan hanya 5 M, sementara rumah dibeli di tahun 2008.Nah selisih 5M inilah yg akan diubek2 dan diminta WP mempertanggung jawabkan darimana dananya, apakah warisan atau deposito/tabungan.
    FYI, sejak Maret 2008, tansaksi jual beli tanah dan rumah di Jakarta dan Cikarang, pembeli dan penjual sudah harus ada NPWP.Ya mudahan bisa makin ketat, sehingga uang korupsi mulai berkurang peredarannya.

  • Dasawa

    Member
    28 August 2008 at 1:59 pm

    Pada peraturan pelaksanaan Sunset policy disebutkan dengan jelas bahwa data yang disampaikan Wajib Pajak pada pembetulan SPT dalam rangka sunset policy yang menyebabkan pajak yang harus dibayar menjadi lebih besar, tidak dapat dijadikan dasar untuk menerbitkan Surat Ketetapan Pajak lainnya.
    jadi misalnya nanti di khawatirkan akan dimanfaatkan untuk pemeriksaan yang lainnya misal PPN akibat Equalisasi Omzet PPh dan PPN, maka hal itu dipastikan tidak akan terjadi.
    mohon koreksinya…

  • antona

    Member
    7 October 2008 at 3:08 pm

    karena sunset policy dilakukan dgn separoh hati, kenapa tidak keluar tax amnesty saja? kan org bisa lgsg manfaatin. betul ga?

  • surjono

    Member
    7 October 2008 at 3:30 pm

    ampe sering ada iklan sunset policy loh di tv2, ya itu da pertanda emang nga laku buktinya ampe sekarang makin gencar aja di iklanin

Viewing 1 - 15 of 58 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now