Ortax Forums PPh Orang Pribadi SPT 1770 SS

  • SPT 1770 SS

     hendra0708 updated 14 years, 2 months ago 8 Members · 12 Posts
  • BINTANGKEJORA

    Member
    27 March 2008 at 3:27 pm
  • BINTANGKEJORA

    Member
    27 March 2008 at 3:27 pm

    SPT 1770 SS dapat digunakan karyawan dgn penghasilan bruto tdk lebih dr 48 jt (sebelumnya 30 jt).
    Kalo ada WP karyawan dengan penghasilan bruto kurang dari 48 juta, misal 20 jt, apakah dia HARUS menggunakan 1770 SS? Kalo dia menggunakan SPT 1770 S, apakah itu salah dan harus ganti pake 1770 S?
    Terimakasih

  • Onorus

    Member
    27 March 2008 at 4:41 pm

    1770 SS hanya boleh digunakan oleh WP Karyawan berpenghasilan < 48 jt.
    tapi boleh menggunakan 1770 S – tdk ada ketentuan yg melarang.

  • BINTANGKEJORA

    Member
    27 March 2008 at 4:50 pm

    Terimakasih Onorus…
    menurut saya juga seperti itu karena di ketetntuannya dicantumkan 'DAPAT' bukan 'HARUS'. Bagaimana jika KPP menolak 1770 S saya dan memaksa ganti dengan 1770 SS padahal informasi di 1770 S kan lebih detail.. sudah tercakup malah melebihi data 1770 SS kan?

  • andina20

    Member
    28 March 2008 at 11:20 am

    Bagaimana jika penghasilannya <48jt tp dia punya harta yg dibayar pajaknya
    seperti tanah atau motor.apakah masih mengunakan 1770 ss.atau menggunakan 1770s?
    Terima kasih

  • Onorus

    Member
    28 March 2008 at 1:37 pm

    [i]dia punya harta yg dibayar pajaknya[/i], kalo ini apa ya maksudnya..
    Apa – tanah dibayar PBBnya, motor dibayar PKB-nya..gitu ya…

    Menurut sy siih… berapapun hartanya kalo penghasilannya < 48 jt (karyawan) boleh pake 1770 SS. Tapi relevankah punya aset banya tp phasilannya hanya < 48 jt setahun..? Eh..mungkin juga sih ya…dapat warisan kali…

  • saint

    Member
    31 March 2008 at 9:22 am

    Maaf klo sedikit OOT, mau curhat nih, semoga ada orang pajak yg baca atau orang KPP.
    Pemahaman saya ttg SPT 1770SS sama dg sdr onorus dan bintang kejora, tapi apakah pemahaman kita ini sama dg orang pajak? Andaikata memang benar pemahaman kita, saya rasa masih banyak petugas pajak yg tidak mengerti atau pura2 tidak mengerti ttg aturan ini, dan parahnya lagi tidak ada usaha dari para Kasinya utk memberikan pengarahan yg benar. Hal ini saya alami sendiri kemarin tgl 28 maret 2008 di KPP Pratama Jakarta Pasar Rebo. Sudah sistem antriannya yg ngaco (tidak seperti KPP Pratama di Jakarta Pusat), serta pelayanan yg kesannya arogan (bahwa org KPP selalu benar). Saya melaporkan SPT Tahunan 1770S walau penghasilan saya belum melebihi 48 juta dg dilampiri 1771A1 serta isian yg saya rasa udah lengkap, baik isian harta maupun kewajiban. Walau saya sempat nyasar, krn saya lapor ke KPP Pratama Jkt Kramat jati, ternyata saya udah dipindah ke KPP Pasar Rebo. Tapi apa yg saya peroleh? Saya sudah dg itikad baik melporkan, tapi setelah nunggu lama tanpa kejelasan ternyata laporan saya ditolak dan harus diganti memakai 1770SS.Sungguh aneh kan? Padahal teman2 saya sekantor (gaji dibawah 48 juta) melaporkan dg 1770S di KPP Kebon jeruk dan KPP Gambir diterima tanpa ada komentar dari petugas pajak.
    Apakah kurangnya pegawai atau kantor baru pratama bisa menjadikan alasan untuk memberikan pelayanan yg berbeda (dibawah standar) dg KPP lainnya? apakah petugas penerima SPT tidak mempunyai standar yg sama?
    Waktu saya tanyakan, lho pak di KPP lain kok diterima? jawabnya : klo disini tidak bisa.
    Saya tidak perlu menuliskan siapa nama atau NIP petugasnya, mohon dijadikan cambuk untuk lebih giat belajar, jangan hanya WP yg dituntut mengerti perpajakan, tetapi petugas pajak tidak mengerti aturan yg jadi acuan.
    Terima kasih.
    Klo memang aturannya hrs dan wajib pake 1770SS, saya mohon maaf klo sudah menuduh dan berprasangka buruk.

  • prastono

    Member
    31 March 2008 at 4:33 pm

    Kalau dilihat dari aturannya, memang tidak harus dan tidak wajib pake 1770 SS. Jadi seharusanya ya boleh pake 1770 S. Kalau yang di atas 48 jt minimal harus 1770S, tidak boleh 1770 SS

  • Acong77

    Member
    8 April 2008 at 10:14 am

    kl boleh saya sharing
    kemaren waktu laporan spt tahunan saya sempat menggunakan 1770 S ( penghasilan < 48 jt )
    dan ketika melaporkan orang pajak nya tetap menerima tetapi menyarankan untuk selanjutnya harus memakai 1770 ss dan saya sempat bertanya ada kah peraturan yg mengatur hal ini dan di jawab sampai saat ini blom ada

    sekian

  • yola

    Member
    1 May 2008 at 8:15 pm

    Rekan-rekan sekalian, mohon tanggapannya:
    Teman saya yang bekerja sbg tax officer di sebuah perusahaan swasta sedang input data karyawan ke dalam e-NPWP, namun ia mengalami kesulitan karena alamat tempat tinggal karyawan berbeda dengan yang tertera di KTP, ada juga yang diluar kota, ada yang tidak dapat diidentifikasi kode posnya. Jadi seharusnya di KPP mana mereka terdaftar?

  • prastono

    Member
    2 May 2008 at 3:29 pm

    Seharusnya NPWP pribadi berdasarkan alamat yang di KTP . Namun kadangkala perusahaan mendaftarkan karyawannya secara kolektif di KPP tempat perusahaan terdaftar ( untuk kemudahan administrasi.

  • hendra0708

    Member
    2 May 2008 at 9:53 pm

    secara teori saya menanyakan kepada teman di kpp tidak ada larangang bagi yg memiliki penghasilan <48 juta setahun untuk menggunakan 1770s,tetapi lebih disarankan 1770ss.pada prakteknya semua laporan 1770ss itu direkam di menu 1770s.jd gak ada masalah yg berarti.perbedaan tersebut menurut hemat saya pribadi lebih untuk mengklasifikasikan range penghasilan saja.

Viewing 1 - 12 of 12 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now