Media Komunitas Perpajakan Indonesia › Forums › Lain-lain › Sewa Gedung
Selamat siang,
PT. A menyewa gedung milik PT.B, pertanyaannya:
a. untuk asuransi gedung, tanggung jawab siapakah? PT. A atau PT. B?
b. jika PT. A melakukan renovasi besar, biaya renovasi tersebut dapatkah diamortisasi?
Terima kasih buat pencerahannyasalam
- Originaly posted by hendrioye:
. untuk asuransi gedung, tanggung jawab siapakah? PT. A atau PT. B?
rekan hendrioye.. biasanya sesuai dgn perjanjian PT A n PT B
kalau tempat kerja saya dulu.. ditanggung PT tmpt saya bekerja/pemakai (PT A) krn Penyewa tdk mau tahu soal asuransi. tapi umumnya di tanggung oleh PT. B krn gedung milik PT B.jika PT. yA melakukan renovasi besar, biaya renovasi tersebut dapatkah diamortisasi?
di tmpt kerja saya dulu biaya renovasi di masukan menjadi asset gedung yg disusutkan tiap bulannya. (by.peny.gedung)mohon dikoreksi rekan2 lain… 🙂
salam
- Originaly posted by annie8:
rekan hendrioye.. biasanya sesuai dgn perjanjian PT A n PT B
kalau tempat kerja saya dulu.. ditanggung PT tmpt saya bekerja/pemakai (PT A) krn Penyewa tdk mau tahu soal asuransi. tapi umumnya di tanggung oleh PT. B krn gedung milik PT B.sependapat…
Sesuai dengan kesepakatan.Originaly posted by annie8:jika PT. yA melakukan renovasi besar, biaya renovasi tersebut dapatkah diamortisasi?
di tmpt kerja saya dulu biaya renovasi di masukan menjadi asset gedung yg disusutkan tiap bulannya. (by.peny.gedung)ada dasar hukum untuk diakui sebagai asset dan disusutkan?
Salam
PT A bisa menanyakan soal asuransi ke PT B.
minta di asuransi gedung sebelum PT A menyewa gedung.
soal asuransi berdasarkan perjanjian antara PT A & PT B (kesepakatan bersama).kebanyakan PT B/pemakai hanya mengansuransi barang dagangannya/usahanya.
mudahan ini bisa membantu.
- Originaly posted by hanif:
ada dasar hukum untuk diakui sebagai asset dan disusutkan?
ga ada sih..
tp itu sudah diterapkan oleh PT tmpt saya kerja saya dulu.. biaya dibagi dlm 4 tahun. jadi biaya renovasi yg dlm jlh besar mis 100jt pd bln mei tdk lgsg dimasukan dlm 100 jt.
mungkin ada bahasa tepat tuk hal tsb di atas.. rekan hanif ? - Originaly posted by annie8:
ga ada sih..
tp itu sudah diterapkan oleh PT tmpt saya kerja saya dulu.. biaya dibagi dlm 4 tahun. jadi biaya renovasi yg dlm jlh besar mis 100jt pd bln mei tdk lgsg dimasukan dlm 100 jt.
mungkin ada bahasa tepat tuk hal tsb di atas.. rekan hanif ?Tidak ada dasar hukumnya untuk mengakui pengeluaran untuk asset milik orang lain sebagai aktiva tetap. Apalagi disusutkan. Dengan demikian, pengeluaran tersebut harusnya dijadikan sebagai beban untuk tahun berjalan.
Salam
oh
Originaly posted by hanif:Tidak ada dasar hukumnya untuk mengakui pengeluaran untuk asset milik orang lain sebagai aktiva tetap. Apalagi disusutkan. Dengan demikian, pengeluaran tersebut harusnya dijadikan sebagai beban untuk tahun berjalan.
oh… berhubung bebannya terlalu besar gimana??
kalau dibebankan lgsg pasti minus labanya/alias rugi..
seharusnya gimana?
adakah sistem lain .. rekan hanif?dibimbing ya… 🙂
salam