Ortax Forums e-SPT Salah input Nomor Faktur Pajak

  • Salah input Nomor Faktur Pajak

     ansori updated 12 years, 8 months ago 23 Members · 34 Posts
  • Onorus

    Member
    4 March 2008 at 11:51 am
  • Onorus

    Member
    4 March 2008 at 11:51 am

    Sy salah input nomor faktur pajak (PM).
    Harusnya dokumen transaksi "FP pengganti" terekam FP Standar.
    Sy coba dgn membatalkan nomor Faktur itu, dan sy input lagi dgn nomor yg benar ttp gagal. ada peringatan "No seri sdh ada"

    Gimana cara mengatasinya…?

    Terima kasih bantuannya.

  • nanas

    Member
    4 March 2008 at 3:38 pm

    berarti nomor yg baru itu udah pernah masuk, kudu cek dulu di masa sbelumnya juga kali… siapa tahu ada kesalahan upload..

    kalo untuk laporan masa feb, coba aja apusa semua data feb, coba upload lagi semua data yg benar.. kalo begitu juga kemabli ke nomor 1..

  • Onorus

    Member
    4 March 2008 at 4:40 pm

    Memang benar dah ada nomor yg masuk,yaitu nomor seri yg sy batalkan itu.
    U/ jelasnya kasus spt ini :
    bulan Desember kami terima FP Pengganti dr rekanan perusahaan (011.000.07-00000312) menggantikan FPS Nomor 010.000.07.00000289 tgl 8 Nov 07.
    Waktu bikin pembetulan SPT masa Nov sy salah rekam, hrsnya dokumen transaksi "FP Pengganti" ttp terekam "FP Standar". Alhasil dlm SPT nomor faktur menjadi 010.000.07-00000312.
    SPT itu dah dilapor.

    Terima kasih atas penjelasannya.

  • nanas

    Member
    4 March 2008 at 5:42 pm

    hmmm… emang repot kalo gitu..

    tapi kalo menurut hemat gw sih, gk terlalu masalah.
    1. Yg penting faktur pajak yg bener dah ada & dilaporkan
    2. utk urusan FP pengganti, kalo dari perkiraan gw sih gak terlalu efek.
    sekarang gini, kalo kita hanya salah masukin kode FP pengganti akibatnya apa sih?? kan cuma untuk trace back dokumen aja bukan?? angka yang dicantumin toh juga gak bergerak.. Yg penting bukti (kertasnya lengkap, ada stempelnya kalo gak salah). Waktu jaman 1195 dulu rasaan gak ada beginian ya??

    kalo pemeriksaan juga sangat kecil kemungkinan ketemunya (rada nekat dikit sih)… atau gw salah..
    Krn untuk FP pengganti ini gw juga gak pernah pake…

    sori gak bantu, cuma bikin masukan aja sampe ada saran/pencerahan yg laen.

  • Onorus

    Member
    5 March 2008 at 12:28 pm

    Efek dari kesalahan itu a/ jumlah PM-nya lebih besar dari yg sebenarnya.

  • nanas

    Member
    5 March 2008 at 1:13 pm

    oh jadinya dobel ya?? ada nomer 312 & 289 di Nov. dgn jumlah yg sama (anggap aja) jadi amountnya 2 x lipat?? kirain 289-nya belon pernah kesimpen di dbase.

    harusnya nota retur cuma gak mungkin… paling2 amount yg 289 dibikin 1 & ppnny 0.

  • acan

    Member
    5 March 2008 at 2:59 pm

    sebenarnya kalau bapak punya AR bisa minta tolong aja ke AR nya untuk buka espt1107.mdb nya. data yang salah dihapus langsung dari data base. itu yang selama ini kami lakukan.

  • acan

    Member
    5 March 2008 at 4:04 pm

    pak onorus sudah melaporkan ke kpp atas pembetulan tersebut belum. kalau sudah melaporkan ternyata masih terdapat kesalahan maka seharusnya membuat pembetulan lagi karena 1. efek dari kesalahan tadi adalah dobel PM. kalau status spt lb kompensasi maka pada saat dilakukan pemeriksaan maka akan dikenakan sanski 100%. 2. faktur pajak yang benar belum dilaporkan. kalau diperiksa akan kena koreksi karena faktur belum dilaporkan.
    kalau bapak belum melaporkan spt yang salah tadi, bapak bisa hapus spt (datanya nggak hilang) trus masuk kembali ke program lagi tampilkan data pm pilih data yang salah, hapus data (fasilitas hapus ada dibawah).

  • Onorus

    Member
    6 March 2008 at 12:07 pm

    sebenarnya kalau bapak punya AR bisa minta tolong aja ke AR nya untuk buka espt1107.mdb nya. data yang salah dihapus langsung dari data base. itu yang selama ini kami lakukan.

    Pak Acan, boleh tahu nama AR perusahaan Bpk, dan terdaftar di KPP mana?
    Bisa kirim via email oonorus@yahoo.co.od.

    Sy sempat akan lakukan yg Bpk sarankan, sayangnya AR kami tak tahu passwordnya.

    Terima kasih sebelumnya.

  • Nurdin

    Member
    6 March 2008 at 2:20 pm

    Pa Onorus saya sudah tahu passwordnya utk buka e-spt langsung dari database. Kayanya kurang etis jika saya kasih tau di forum ini. Bisa minta alamat email yang jelas biar nanti saya kirim passwordnya (kalo oonorus@yahoo.co.od, saya rasa Pa Onorus salah ngetik deh).

  • Onorus

    Member
    6 March 2008 at 3:05 pm

    Ya Pak Nurdin, sy salah ketik..
    ini benernya oonorus@yahoo.co.id

    Terima kasih sebelumnya…

  • Nurdin

    Member
    6 March 2008 at 3:16 pm

    Sudah saya kirim Ya pa.

  • ferry07

    Member
    11 March 2008 at 10:23 am

    di e-SPT PPN saya sudah terlanjur terekam (mis.) FP Pengganti No.0000025 (februari) untuk FP yang diganti No.00000783 (desember), dan no itu tidak dipakai untuk FP Pengganti tetapi FP Normal dengan kata lain ingin dibatalkan karena sudah terekam saya ingin menghapusnya..tapi tidak bisa karena no nya sudah dipakai untuk FP PEngganti..bagaimana solusinya ya?? mungkin langsung hapus di database ya…??
    U/ pak Nurdin saya minta password database nya donk..ke vi_ferry07@yahoo.com
    ditunggu ya, thanks…

  • fiskus

    Member
    11 March 2008 at 1:23 pm

    saran saya mending pak onorus bikin pembetulan ke-2 aja.

Viewing 1 - 15 of 34 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now